Scroll ke bawah untuk membaca
Example floating
Example floating
Post ADS
Provinsi Gorontalo

KPwBI Gorontalo Luncurkan SERAMBI, Respon Kebutuhan Masyarakat Terhadap Uang Rupiah

105
×

KPwBI Gorontalo Luncurkan SERAMBI, Respon Kebutuhan Masyarakat Terhadap Uang Rupiah

Sebarkan artikel ini
Post ADS

GOSULUT.ID – Guna merespon kebutuhan masyarakat atas uang Rupiah pada periode RAFI dan kehadiran Bank Indonesia dan Perbankan dalam mendukung Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) .

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Gorontalo menggelar Kick Off Program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI), Jumat (15/03/2024).

Scroll untuk lanjut membaca
Advertisement

“Dengan mengusung tema “Bijak
Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah”, SERAMBI dilaksanakan melalui ketersediaan uang, layanan kas, dan edukasi Rupiah. Kehadiran Rupiah yang layak edar dalam jumlah dan pecahan yang sesuai kebutuhan melalui layanan kas prima diharapkan dapat melengkapi kebahagian masyarakat di bulan suci Ramadhan,” ungkap Kepala KPwBI Provinsi Gorontalo, Dian Nugraha.

Ia menyampaikan, kegiatan SERAMBI akan
dilaksanakan serempak di seluruh wilayah Indonesia sejak 15 Maret sampai
dengan 5 April 2024 melalui layanan kas Bank Indonesia yang dilakukan bersama 45 Kantor Perwakilan Dalam Negeri dan
Perbankan.

Pada periode Ramadhan dan Idul Fitri 2024, Bank Indonesia menyiapkan uang layak edar sebesarsebesar Rp197,6 triliun.

“Untuk wilayah Provinsi Gorontalo, Bank Indonesia menyiapkan uang layak edar dengan rincian uang pecahan besar 1.01 triliun dan uang pecahan kecil 112 miliar dengan total 1.12 triliun,” pinta dia.

Pihaknya akan turut mengadakan beberapa kegiatan Layanan Kas sebagai berikut :

a) Layanan Penukaran Reguler yaitu mengadakan kas keliling retail dipusat keramaian sebanyak 21 titik layanan kas.

b) Layanan BI Apresiasi
yaitu kas keliling khusus di kantor Kementerian/Lembaga/Pemda antara lain kantor Gubernur, kantor Walikota, Kanwil Kementerian Kemenkumham.

c) Layanan Penukaran Uang Terpadu yaitu kolaborasi penukaran bersama perbankan di lokasi strategis yaitu di Lapangan Taruna dan Masjid Agung Kabupaten Pohuwato.

d) Layanan Bank Indonesia Peduli Mudik
yaitu penukaran di Pelabuhan Gorontalo dan Bandara Djalaluddin.

e) Layanan Penukaran uang kepada masyarakat di loket Perbankan sebanyak 30 titik layanan penukaran perbankan di 14 bank yang ada di Gorontalo.

f) Penggunaan digitalisasi melalui aplikasi Pintar pada layanan Bank Indonesia ditujukan untuk pelayanan primas. Tahun ini Bank Indonesia melakukan pengembangan QR Code untuk mempermudah dan mempercepat proses verifikasi penukaran. Bank Indonesia akan mengedarkan leaflet jadwal dan lokasi layanan kas dimaksud dan apabila masyarakat ingin melakukan penukaran Uang, dapat melihat jadwal dan lokasi penukaran Uang pada link https:pintar.bi.go.id atau melalui QR Code.

g) Edukasi dan komunikasi, baik terkait layanan penukaran uang maupun CBP disampaikan melalui media spanduk/banner/leaflet terutama Paham rupiah terkait Belanja Bijak.

Dian menghimbau, untuk menghindari adanya uang tidak asli (Palsu), maka masyarakat agar memanfaatkan layanan penukaran uang hanya di lokasi resmi yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia dan perbankan, karena gratis tidak dipungut biaya dan pastinya Uangnya asli.

“Dan jangan lupa selalu ingat CBP Rupiah yaitu mengenal, menjaga dan merawat dengan cinta, Bangga Rupiah dengan menggunakan rupiah sebagai alat pembayaran yang sah, alat pemersatu bangsa dan simbol kedaulatan, serta paham bertransaksi, berbelanja dan berhemat.

Share :