Zulkifli Lasalewo, Temui PT. Pertamina Dan Bank Indonesia Bahas Keberlanjutan UKM Dan Nasib Para Pelaku Usaha

Zulkifli Lasalewo, Temui PT. Pertamina Dan Bank Indonesia Bahas Keberlanjutan UKM Dan Nasib Para Pelaku Usaha

GOSULUT.ID - Kepala Dinas Koperasi dan UMKM kunjungi PT. Pertamina dan Bank Indonesia, dalam rangka pemulihan ekonomi masa pandemi covid-19 dengan menfasilitasi program bantuan permodalan bagi UMKM terdampak, disamping bantuan-bantuan yang sudah dikucurkan oleh Pemerintah melalui Dinas Koperasi dan UMKM

Kunjungan ini merupakan program jemput bola yang digagas oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM. Zulkifli Lasalewo bersama jajaranya. Agar bagaimana para pelaku UKM bisa mendapatkan berupa stimulan dari pihak lain yang memiliki sinkronisasi program.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Zulkifli Lasalewo menjelaskan, lewat kunjunganya itu mendapatkan respon baik dari pihak pertamina maupun Bank Indonesia.

" Kalau untuk pertamina sendiri memang sudah ada program yang mereka kucurkan sudah begitu lama melalui Dana CSR yakni program kemitraan Bina Lingkungan.

Namun dengan adanya kunjungan ini diharapkan ada kerjasama lebih terarah dan tidak saling tumpang tindih terhadap pemberian stimulan kepada pelaku UMKM ,” jelasnya, Jum'at (24/07/2020).

Lebih lanjut, Zulkifli berharap program ini bisa tepat sasaran kepada UMKM terdampak Covid, sehingga lewat kunjungan koordinasi ini ada kolaborasi antara Pemerintah dengan BUMN Pertamina.

" Kami lebih pada sinergi, karena dengan begitu kita bisa melakukan sesuatu demi keberlanjutan para pelaku usaha, apa lagi di tengah pandemi seperti ini ," ungkapnya.

Dan untuk Bank Indonesia sendiri menurutnya, dalam rangka pemulihan ekonomi itu sendiri lebih terfokus pada pembinaan kluster pangan yang berpengaruh terhadap stabilitas inflasi.

" Dan upaya-upaya ini kami lakukan merujuk pada merekomendasikan semua daftar pelaku usaha yang berada di Kabupaten Gorontalo kepada pihak Pertamina dan Bank Indonesia, dengan kata lain memberikan kewenangan penuh kepada kedua BUMN itu dalam menentukan kluster sasaran sesuai kriteria dan persyaratan  yang berlaku diinstansinya ," ungkap Zulkifli.

Disamping itu juga, kata Zulkifli dalam rangka pemulihan ekonomi masa pandemi, Bupati Gorontalo sudah memintakan data kebutuhan Koperasi dan UMKM yang terdampak dan dalam waktu dekat ini bantuannya akan segera direalisasikan.

" Juga perlu disampaikan bahwa ada bantuan tunai oleh Kementrian Koperasi dan UMKM kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Koperasi dan UMKM, yang Insha Allah akan diserahkan dan disaksikan oleh bapak Bupati rencananya pada tgl 5 Agustus 2020, ini juga dalam rangka peringatan Hari Koperasi yang ke 73 dan UMKM ke 5, dan dana tersebut langsung kepada rekening masing-masing  penerima," terangnya.

Terakhir, PLT Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah itu berharap, semua ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Gorontalo.

" Semoga semua ini bisa bermanfaat untuk para pelaku usaha dan masyarakat Kabupaten Gorontalo ," tuturnya.***

Editor : Alwin