Yuriko: Distribusi Pembangunan Harus Merata Diseluruh Wilayah

Yuriko: Distribusi Pembangunan Harus Merata Diseluruh Wilayah

GOSULUT.ID - Distribusi pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo harus adil dan merata untuk seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.

Hal ini diungkapkan Yuriko Kamaru saat membacakan pandangan Umum Fraksi NasDem Amanat pada Paripurna Perubahan APBD tahun anggaran 2022, Senin (19/9/2022).

Lanjut dia, daerah Kabupaten dan Kota di Provinsi Gorontalo membutuhkan arah kebijakan pembangunan yang dapat memberikan kepastian kepada rakyat seperti pemenuhan Pembangunan Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) di Kabupaten Bone Bolango yang berada di Kecamatan Bulango Utara yang telah dijanjikan oleh Penjabat Gubernur kepada Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

"PLTMH tersebut adalah merupakan pemenuhan kebutuhan dasar nasyarakat. Demikian pula suara masyarakat Pinogu daerah tertua di Provinsi Gorontalo akan tetapi baik akses jalan dan penerangan saat ini belum mendatang urat senyum rakyat yang tinggal dan hidup di kecamatan tersebut," ungkapnya.

Kemudian kata Yuriko, permasalahan di Kota Gorontalo bagaimana upaya dalam rangka mengurai persoalan saluran, permasalahan penanganan sampah, dan permasalahan lainnya, potensi bencana yang dialami Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara.

"Permasalahan pemenuhan kebutuhan dasar lainnya yang ada di Kabupaten Boalemo dan Pohuwato juga membutuhkan distribusi pembangunan secara adil dan merata," sambungnya. 

Menurut fraksinya, anggaran dan pendapatan belanja daerah Provinsi Gorontalo juga harus berpihak mengatasi masalah potensi kerusakan lingkungan yang ada di Provinsi Gorontalo.

"Sudah berapa banyak jembatan, saluran, tanggul dan jalan yang telah dibangun hanya meninggalkan jejak dan penggalan cerita pembanguan infrastruktur “bahwa disini telah dibangun tanggul akan tetapi hilang akibat arus air di musim penghujan” imbuh anggota Komisi I ini.