Wilayah Cagar Alam Pohuwato, Jadi Lokasi Tambang Ilegal

Wilayah Cagar Alam Pohuwato, Jadi Lokasi Tambang Ilegal

GOSULUT.ID - Aktivitas Tambang Ilegal atau Pertambangan Ilegal Tanpa Izin (PETI) sudah melanggar hukum dan harus di tindak tegas oleh pihak Aparat Penegak Hukum (APH). Apalagi kalau kegiatan itu telah masuk dalam kawasan Hutan yang dilindungi dan sudah jelas dilarang oleh Undang - Undang (UU).

Pemuda Pohuwato Irwanto Mooduto menjelaskan, berdasarkan informasi yang saya dapat, bahwa aktivitas PETI di Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato, banyak alat berat yang sedang beroperasi di dalam kawasan Cagar Alam (CA).

"Untuk memastikan info tersebut, saya meminta pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) agar segera meninjau kembali kawasan tersebut yang merupakan tanggung jawabnya," jelas Irwan, Selasa (27/12/2022).

Dan lagi-lagi Irwan meminta Kapolda Gorontalo agar menseriusi persoalan PETI yang ada di Buntulia dan menindak tegas sesuai ketentuan undang - undang yang berlaku.

Sementara itu, pihak BKSDA Abdul mengungkapkan, bahwa lokasi tambang ilegal Potabo, Desa Hulawa, Kecamatan Buntulia merupakan wilayah Cagar Alam (CA).

"Terkait soal adanya aktivitas pertambangan di lokasi Potabo, kami mengetahui ada kegiatan PETI di lokasi tersebut," ungkap Abdul saat dikonfirmasi via telepon seluler, Selasa (27/12).

"Oleh sebab itu, perihal tersebut saya sudah melaporkan. Kini pimpinan juga sudah membuat laporan ke Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (GAKKUM)," sambungnya.

Terakhir ia menegaskan, bahwa alat yang saya data itu ada 33 unit dari 24 orang pemilik.

"Semua yang ada di dalam kawasan tersebut beserta seluruh data - data detail itu kami laporkan," tegasnya.***