Wawali Ryan Buka Pelatihan Ekonomi Kreatif Seni Pertunjukan

Wawali Ryan Buka Pelatihan Ekonomi Kreatif Seni Pertunjukan

GOSULUT.ID - Wakil Wali Kota (Wawali) Ryan F. Kono, membuka secara resmi Kegiatan Pelatihan Ekonomi Kreatif Seni Pertunjukan " Merawat Seni Pertunjukan, Merawat Akal Sehat", Menembus Ruang Publik dalam Mengasah Kreatifitas Tanpa Batas.

Kegiatan pertunjukan seni ini, diinisiasi oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kota Gorontalo, bertempat di Rumah Adat Dulohupa, Senin (6/6/2022).

Dalam sambutannya Wawali Ryan mengatakan, untuk mendukung pekerja seni yang ada di Kota Gorontalo, dibutuhkan peran dari semua pihak. 

"Event-event pertunjukan seni seperti ini, bukan hanya semata menjadi tanggung jawab kami sebagai pemerintah, maka dari itu dibutuhkan peran semua pihak. Dan pemerintah di sini fungsinya sebagai pendorong terhadap seni di dunia pariwisata, dan lain sebagainya," katanya.

Lanjut Wawali, kegiatan pertunjukan seni seperti yang dilaksanakan oleh Disparpora ini, diminta bukan hanya menampilkan hasil karya seniman saja, tetapi juga bisa menunjukkan adat istiadat yang ada. 

"Misalnya cerita tentang leluhur kita, dan ada penjabarannya ke masyarakat. Karena seni pertunjukan ini perlu juga mempromosikan daerah kita," imbuhnya. 

Dirinya berharap, kegiatan tersebut dapat mendorong dinamisasi seni sehingga bisa lebih bermakna.

"Di mana ujungnya mampu meningkatkan pembangunan daerah dalam koridor ekonomi kreatif," harapnya.

Di tempat yang sama, Kadis Disparpora Kota Gorontalo Effendy SJ. Rauf menuturkan, kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 30 orang utusan yang merupakan perwakillan dari perguruan tinggi dan sanggar seni yang ada.

"Serta narasumbernya merupakan pelaku seni yang memiliki keahlian dibidangnya masing-masing, dan akan dilaksanakan selama empat hari atau 6-9 Juni 2022," pungkasnya.