Wali Kota Gorontalo Tanda Tangani Tiga Ranperda

Wali Kota Gorontalo Tanda Tangani Tiga Ranperda

GOSULUT.ID - Wali Kota Gorontalo Marten Taha, menandatangani tiga rancangan peraturan daerah (Ranperda) inisiatif legislatif dan eksekutif.

Tiga Ranperda itu ditandatangani Marten, dalam Rapat Paripurna Tahap Akhir di Kantor DPRD Kota Gorontalo, Rabu (2/3/2022).

Ranperda tersebut, di antaranya penyelenggaraan kearsipan, Perusahaan Umum Daerah Air Minum Muara Tirta, dan pengarusutamaan gender.

Wali Kota Marten menuturkan, Ranperda pertama yakni penyelenggaraan arsip, begitu penting. Karena akan menjadi sebuah dokumen sejarah yang bisa mengungkap masa lalu pada saat ini.

"Baik arsip secara tertulis dalam kertas, maupun arsip secara digital. Nah, Kota Gorontalo saat ini mengembangkan arsip secara digital," tutur wali kota Marten.

Terkait Ranperda kedua kata Marten, dilaksanakan untuk memenuhi tuntutan regulasi Permendagri Nomor 47, bahwa seluruh perusahaan daerah (PD) harus dirubah bentuknya menjadi Perumda atau Perseroda.

"Kalau Perumda, 100 persen akan dimiliki Pemda. Sedangkan Perseroda, bisa dimiliki swasta. Kami bersama DPRD telah sepakat memilih bentuk perusahaan Perumda," kata Marten Taha.

Dengan dirubahnya bentuk perusahaan dari PD menjadi Perumda ujar Marten, juga akan mengalami perubahan dalam sistem.

"Mulai dari perubahan pada struktur organisasi, sistem pelayanan, pembentukan dewan pengawas yang lebih kuat, dan terakhir sistem penyertaan modal dari Pemda menjadi lebih terkontrol," ujarnya.

Lanjutnya, untuk Ranperda ketiga yakni pengarusutamaan gender, di samping untuk memenuhi tuntutan regulasi juga diperlukan adanya pemberian peran kepada kaum perempuan.

"Maka perlu ada sikap afirmatif terhadap kaum perempuan. Sehingga di sistem pemerintahan, ada keberpihakan atau pengarusutamaan gender. Ini agar perempuan mendapatkan keadilan dalam pemberian peran, fungsi, serta kewenangan," pungkas Wali Kota Marten. ***