Wagub Gorontalo Terima Kunjungan Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan

Wagub Gorontalo Terima Kunjungan Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan

GORONTALO – GOSULUT.ID

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo melalui Wakil Gubernur (Wagub) Idris Rahim menerima kunjungan Deputi Direktur Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sulawesi, Gorontalo, Maluku, Arif Budiarto, bertempat di Kantor Gubernur Gorontalo, Senin (22/11/2021). 

“Jadi, kami mentargetkan sebanyak empat ribuan pegawai honorer Pemprov Gorontalo menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan pada tahun anggaran 2022. Kalau untuk PNS sebanyak 5.600 orang sudah ikut melalui wadah Korpri,” kata Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Arif Budiarto.

Arif Budiarto menjelaskan, premi kepesertaan program BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp15 ribu perorang perbulan. Dengan premi itu, peserta akan menerima manfaat berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

“Jika terjadi kecelakaan, semua biayanya kita tanggung hingga peserta itu sembuh. Sedangkan untuk kematian, ahli warisnya akan mendapat Rp42 juta dan jika sudah menjadi peserta selama tiga tahun, anaknya akan mendapat beasiswa sampai perguruan tinggi untuk dua anak,” jelasnya.

Dari 34 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Gorontalo, BPJS Ketenagakerjaan sudah melakukan sosialisasi ke 12 OPD. Beberapa OPD sudah mengikutsertakan pegawai honorernya pada program BPJS Ketenagakerjaan, salah satunya Biro Umum Setda Provinsi Gorontalo.

“Kita akan dorong terus agar semua honorer di OPD Pemprov Gorontalo masuk dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Manfaatnya sangat besar dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja khususnya pegawai honorer itu sendiri,” tandas Wagub Idris Rahim.***