Wabup Thariq Pimpin Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan

Wabup Thariq Pimpin Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan

GORUT (GS) - Wakil Bupati Goronao Utara (Gorut) Thariq Modanggu memimpin Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan, yang dihadiri pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), bertempat di Aula Tinepo, Selasa (27/04/2021).

Dalam rapat tersebut tidak hanya saja melakukan evaluasi terhadap program kemiskinan yang sudah dilaksnakan oleh masing - masing OPD, akan tetapi ini juga mengarah pada perbaikan data, baik itu data pemerima bantuan, data bantuan.

"Kelama ini bukan saja secara manual tapi sudah mengarah pada penyiapan data lewat aplikasi. Sehingga kita bisa mengetahui data riel dari tahun ketahun. Karena ini tidak lagi secara manual tetapai secara sistim," ungkap Thariq Modanggum

Sistim informaalsi ini, kata Tahriq diberi judul "Data Kemiskinan Kesejahteraan". Hal itu dimaksudkan soal data kemiskinan di Gorut tidak lagi secara parsial. 

"Jadi program atau interpensi dari OPD itu memamg sebagian unrltuk orang miskin yang termasuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial, tetapi ada juga bantuan -bantuan yang diberikan bukan kepada masyarakat miskin tapi berpengaruh terhada lapangan kerja , pendapatan masyarakat, sehingga kami membuat satu terobosan untuk sistim informasi kemiskinan dan kesejahteraan masyarakatl," terangnya.

Ia menambahkan, dalam pembahasan itu juga ada 5 point yang menjadi kesimpulan. Pertama meminta kepada OPD dalam 1 minggu kedepan memberikan perencanaan perbaikan data. Kedua agar memasukan data - data bantuan dalam bentuk format file exel kepada tim ahli. 

Ketiga diminta agar Pemdes melakukan musdes, karena ini berpengaruh pada penetapan DTKS. Kemudian keempat agar data - data  itu ditempel didesa masing - masing, agar supaya masyarakat bisa mengetahui
data - data tersebut.

"Dan kelima kami minta kepada pemdes, karena untuk pendamping keluarga ceria ini minimal dengan kondisi keuangan yang ada, dan dengan kondisi Corona ini, kami minta anggaran yang ada sekarang, walaupun itu hanya 1 orang, tapi sudah harus diangkat tahun ini untuk pemdamping keluarga. Agar supaya kita sudah mulai eksen untuk perbaikan data. karena terbukti data - data lapangan itu sangat dibutuhkan. Makanya perlu pendamping keluarga ceria itu," harapnya.(***)