Wabup Thariq Modanggu Lakukan Sidak

Wabup Thariq Modanggu Lakukan Sidak

GORUT (GS) - Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu, kembali melakuan Inspeksi Mendadak (Sidak) pada tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan satu bagian dilingkungan sekretariat daerah (setda), Selasa (29/06/2021).

Dalam sidak kali ini sasaran utama adalah Dinas Koperidag, Nakertrans, Kominfo dan Bagian Ortala yang baru saja melakukan perombakan masing - masing jabatan.

"Jadi dalam sebulan ini apa saja yang dilakukan. Apalagi ada beberapa OPD ini yang memang lintas kepala OPD-nya bertukar tempat. Tadi baru ada 3 OPD dan satu bagian. Dan masih ada lagi OPD lainnya. Maka tentu ini membutuhkan pengecekan apa saja yang sudah dilaksanakan," ungkap Thariq Modanggu. 

Dari hasil sidak itu ia mengatakan ada beberapa hal yang dianggap belum dilaksanakan oleh OPD itu sendiri.

"Pertama melakukan identifikasi masalah, sekaligus membicarakan solusi, bahkan perlu matrix masalah yg berkaitan dengan masalah tupoksi dari masing - masing penyelenggara program," ujarnya.

Dirinya meminta kepada pimpinan OPD untuk melakukan evaluasi umum kepada pemegang program baik itu yang ada dimasing - masing bidang, sub bidang, seksi maupun pada kasubag.

"Harus dievaluasi. Misalnya perencanaan seperti apa, tahapannya sudah sejauh mana , kendalanya seperti apa. Kemudian melakukan pengecekan terkait SOP. apakah sudah ada dimasing - masing dinas, terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik, sudah ada atau belum," tegasnya.

Sehingga dirinya berharap dari beberapa catatan yang dirangkum tadi untuk menjadi bahan tindak lanjut oleh masing - masing OPD, maupun bagian dalam melakukan pembenahan maupun evaluasi kedepan.

"Dan Insya ALLAH, saya akan evaluasi catatan - catatan itu, apa dalam 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Jadi disini bisa kita tahu apakah itu dilaksanakan atau tidak," tandasnya.(***)