Wabup Thariq Minta Pengurus BUMDesa Mampu Tunjukan Data Administrasi Yang Baik

Wabup Thariq Minta Pengurus BUMDesa Mampu Tunjukan Data Administrasi Yang Baik

GORUT (GS) - Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu menegaskan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di 123 desa harus memiliki dokumen data administrasi yang lengkap dan jelas.

Menururnya data adminitrasi dari setiap BUMDesa sangat penting untuk mendukung pengelolaan keuangan hingga sampai pada pelaporan pertanggungjawaban oleh pengurus operasioanl BUMDesa.

"Maka tugas para pengelola operasional BUMDesa adalah segera menjalankan usahanya sesuai yang disepakati dalam AD/ART BUMDesa. Nah, tata administrasi di masing - masing BUMDesa harus dimaksimalkan," ungkap Wabup Thariq, usai melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Kantor Dinas PMD Gorut, Kamis (08/07/2021).

Apalagi kata Thariq data tentang BUMDesa menjadi arsip disetiap BUMDesa. Baik itu mulai dari data usaha, struktur badan usaha, pendamping sampai dengan penyertaan modal yang tentunya berkaitan dengan anggaran.

“Sehingga, saya minta pengawasannya lebih diperketat. Sebab kedepan, data - data tersebut akan menjadi sumber utama dan kanal digital,” ujarnya.

Iapun berharap, agar pengurus BUMDesa harus bekerja secara profesional, transparansi, demi terwujudnya BUMDesa yang mampu mendorong kemajuan desa itu sendiri.

"Kalau program di masing - masing BUNDesa itu berjalan dengan baik, tentu promosinya pun demikian. Jika semua ini dilaksanakan dengan baik, maka kemajuan BUMDesa ini dapat mendorong kemajuan desa,” tandasnya.(***)