Wabup Thariq Buka Kegiatan UNAR Berbasis Computer Assisted Test

Wabup Thariq Buka Kegiatan UNAR Berbasis Computer Assisted Test

GORUT (GS) - Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu, membuka kegiatan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) berbasis Computer Assisted Test (CAT), yang diselenggarakan oleh loka monitor sepektrum frekuensi radio gorontalo.

Acara turut dihadiri Kepala Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Gorontalo, dan diikuti para peserta yang terdiri dari beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta unsur terkait lainnya, bertempat di Aula SMP Negeri 2 Kwandang, Rabu (07/07/2021).

Dalam sambutannya Wabup Thariq mengatakan, bahwa kegiatan amatir Radio ini merupakan telekomunikasi perseorangan yang digunakan untuk komunikasi tentang ilmu pengetahuan, informasi yang berkaitan dengan teknik radio.

"Jadi dalam kegiatan amatir radio juga dapat digunakan untuk penyampaian berita saat terjadi marabahaya, bencana alam, dan keselamatan jiwa manusia, bahkan dukungan komunikasi lainnya. Oleh karena itu peran amatir radio perlu ditingkatkan dan diberikan perhatian dalam menjadi mitra pemerintah," ungkap Wabup Thariq.

Seperti diketahui, kondisi geografis kabupaten Gorut dengan keadaan topografi didominasi oleh kemiringan 15 – 40 derajat yaitu sekitar 60 – 70 %. Di mana terdapat patahan sehingga Goelrut sendiri rawan bencana alam seperti gempa bumi, gerakan tanah, erosi, dan banjir. 

"Jadi ketika terjadi bencana alam yang membutuhkan komunikasi dan koordinasi yang cepat, bahkan apabila terjadi bencana mengakibatkan jaringan seluler terputus, atau bencana yang terjadi di daerah yang tidak terjangkau jaringan seluler ini, maka peran komunikasi radio konvensional seperti amatir radio sangat dibutuhkan," ujarnya.

Olehnya melalui peran ini untuk memudahkan koordinasi dan komunikasi bagi pengurus Orari Daerah Gorontalo dan anggota Orari yang ada di Gorut, agar dapat melakukan langkah - langkah untuk membentuk Orari Lokal Gorut.

"Sehingga dengan dibentuknya Orari lokal Gorut, kami berharap dalam kegiatan ini memberikan manfaat serta memberikan kontribusi nyata pada peningkatan mutu kualitas telekomunikasi, dan juga peran serta masyarakat dalam penyampaian informasi yang benar serta dukungan komunikasi dalam bencana alam di Gorut," tandasnya.(***)