Wabup Gorut : Tempat Isolasi Terpusat Mulai Disiapkan

Wabup Gorut : Tempat Isolasi Terpusat Mulai Disiapkan

GORUT (GS) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara (Gorut) mulai menyiapan tempat isolasi terpusat terhadap pasien Covid - 19 tanpa gejala. Ini merupakan Intruksi Gubernur Provinsi Gorontalo agar setiap daerah harus menyiapkan isolasi terpusat.

Menindak lanjuti hal tersebut, Wakil Bupati Gorut, Thariq Modanggu mengundang Pimpinan OPD terkait, diantaranya Dinas Kesehatan, BPBD, PUPR, untuk membahas dan menyiapkan tempat isolasi atau karantina terpusat bagi pasien Covid - 19 yang ada di Gorut.

"Kami berpikir untuk efektivitas pengawasan dan juga pemantauan mungkin lebih baik kami arahkan di lima titik, yaitu Tolinggula - Biau satu titik, kemudian Sumalata - Sumalata Timur, Monano - Anggrek, Gentuma Raya - Atinggola dan Kwandang, Tomilito dan Ponelo Kepulauan masing-masing satu titik," ungkap Wabup Thariq, Kamis (29/07/2021). 

Thariq mengatakan, pihaknya telah membahas langkah - langkah termasuk pemanfaatan fasilitas yang layak untuk isolasi terpusat. 

"Sehingganya harapan kami kepada masyarakat bahwa isolasi terpusat ini hanya berlaku bagi mereka yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19 tapi tidak ada gejala. Artinya, mereka sehat. Nanti kalau ada yang gejala sakit, akan dibawa ke rumah sakit," terangnya. 

Oleh karena itu, atas nama pemerintah daerah, Thariq meminta jangan ada spekulasi - spekulasi lagi bahwa pasien Covid yang diisolasi terpusat akan menyebar melalui rumah-rumah dan seterusnya. 

"Justru kalau dibiarkan sendiri-sendiri di rumah (isolasi mandiri) itu malah membahayakan kita semua. Makanya, harus dipahami makna dari pada upaya pemerintah untuk menyiapkan tempat karantina terpusat agar bisa dikontrol sebarannya, tidak ada yang bisa kontak dengan mereka. Petugas-petugas pun yang setiap hari ada di situ (lokasi isolasi) juga itu pasti akan dengan protokol kesehatan yang ketat," paparnya. (***)