Wabup Gorut Buka Rakor Penanggulangan Kemiskinan 

Wabup Gorut Buka Rakor Penanggulangan Kemiskinan 

GORUT (GS) - Wakil Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu memimpin rapat koordinasi (Rakor) kemiskinan, tingkat Kecamatan Kwandang, yang diikuti oleh seluruh kepala desa dan operator desa se-Kecamatan Kwandang.

Wabup Thariq didampingi Camat Kwandang, kepala Bappeda Gorut, dan Organisasi Perangkat Daerah, lainnya (OPD), bertempat dii gedung Aula kantor Camat Kwandang Selasa,(25/05/2021).

Dalam kesempatan itu Wabup Thariq menjelaskan, sesuai dengan amanat UU 13 tahun 2011, tentang penanggulangan fakir miskin, dan anak - anak terlantar dilindungi oleh Negara. 

"Mengacu pada peraturan Presiden no 15 tahun 2010, bahwa dalam rangka penanggulangan kemiskinan Nasional," ujarnya.

Dengan adanya sistem data aplikasi tersebut, akan lebih mudah lagi ketika data terkumpul dan langsung di imput, maka sistem kerja data tersebut bisa lebih mudah mengawasi.

"Begitu banyak bantuan melalui desa, bahkan dana desa di alihkan untuk bantuan masyarakat, BPD juga begitu tetap bekerja tapi tidak ada gaji, itupun dapat sorotan yang luar biasa, dan masalah yang luar biasa. Terus APBD kita setiap saat meningkat bantuan, baru PKH saja saya catat 11 miliyar, belum lagi dana desa, berarti 11 miliyar lebih, dan itu hampir tiap tahun," jelasnya. 

Dirinya sebagai ketua tim koordinasi penanggulangan kemiskinan terus melakukan koordinasi dengan OPD dalam kurun waktu 2 tahun ini, meskipun Thariq mengalami kesulitan meminta data di OPD.

“Setiap saya meminta data di OPD itu susah sekali saya minta. Saya minta 5 tahun terakhir cuma banyak 3 tahun terakhir, berarti program yang lalu di kemanakan? Baru apa efeknya. Dan akhirnya setelah itu saya lapor ke Bupati, saya izin, sebagai ketua TKPK pak Bupati. Saya ingin bikin sistem informasi data.” tandasnya.(***)