Wabup Gorut Buka Bimtek Produksi Benih Jagung Hibrida

Wabup Gorut Buka Bimtek Produksi Benih Jagung Hibrida

GORUT (GS) - Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) produksi benih Jagung Hibrida berbasis korporasi petani, bertempat di Desa Bulontio Timur, Kecamatan Sumalata, Kamis (03/06/2021).

Dalam kesempatan itu Wabup Thariq Modanggu mengatakan Gorut  berpotensi besar menjadi pusat penangkaran benih jagung hibrida, sehingganya ini salah satu keuntungan besar masyarakat, khususnya petani di Gorut.

"Kami pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan penuh, karena bagi kami ini adalah mimpi selama ini untuk memiliki sentra benih jagung," kata Thariq.

Apalagi kata Thariq,  secara umum Provinsi Gorontalo termasuk daerah yang memiliki produksi jagung yang banyak, bahkan ekspor jagung hingga keluar daerah, namun tidak memiliki sentra industri benih.

"Tentu ini menjadi satu tantangan sendiri bagi daerah provinsi Gorontalo lebih khusus Gorontalo Utara yang mendapatkan kepercayaan untuk memanfaatkan dari seluruh fasilitas kebutuhan yang telah disediakan oleh Balitbangtan," terangnya. 

Ia berharap, melalui bimtek ini agar para peserta benar - benar mengikuti program ini. Kedepan Ia berharap penangkaran benih jagung ini bukan hanya mampu mensuplai kebutuhan masyarakat Gorut.

"Bisa saja sampai ketingkat provinsi, bahkan bisa dipasarkan di daerah tetangga. Ini merupakan kesempatan yang baik untuk masyarakat Gorut. Karena ada sebanyak 50 hektare lahan yang telah disiapkan di Kecamatan Sumalata. Tentu kami yakin kondisi Gorut  yang memiliki posisi strategis, tentu akan menjadi peluang bila program tersebut dapat dimaksimalkan dan juga tentunya memberikan dampak secara ekonomi," tandasnya.(***)