UPTD Museum Purbakala Gorontalo Menggelar Lomba Edukatif Kultural Museum

UPTD Museum Purbakala Gorontalo Menggelar Lomba Edukatif Kultural Museum

GOSULUT.ID - Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo melalui UPTD Museum Purbakala menggelar  Lomba Edukatif Kultural Museum, Rabu (3/8/2022).

Adapun lomba yang dipertandingkan adalah Tari Tidi, Cerdas Cermat Museum, Tutur Sejarah, Tujai, Melukis Koleksi dan Desain Pengembangan Museum.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang berasal dari pelajar SMA, SMK, MA dan SMP serta Masyarakat Umum.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba dalam sambutannya saat membuka lomba menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya lomba itu karena sebagai bentuk untuk memperkenalkan museum lebih luas lagi.

"Lomba ini sangat luar biasa dan belum pernah dilaksanakan sebelumnya, kenapa? Karena biasanya museum hanya dikenalkan lewat media tapi dengan kegiatan berlokasi di tempat ini, hal ini dapat memberikan edukasi dan memperkenalkan museum kepada masyarakat dan juga pelajar," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan peserta berjumlah 54 dan setiap peserta beranggotakan 9 sampai 10 orang belum lagi ditambah pendamping serta pendukung ini memberi dampak bagi museum itu sendiri.

"Hitung saja dari 54 peserta dikalikan 10 orang, bisa dibayangkan berapa banyak yang datang mengunjungi museum ini sembari bisa memperoleh berbagai hal apa saja dan pengetahuan ditempat ini," sambungnya.

Menurutnya, sasaran dan tujuan dari UPTD Museum dalam menggelar Lomba Edukatif Kultural Museum benar-benar dapat tercapai

"Terimakasih kepada pihak Dikbudpora dan UPTD Museum telah melaksanakan kegiatan ini, semoga dengan lomba ini siswa dan siswi serta masyarakat dapat mengenal lebih jauh museum ini," tandasnya

Sementara itu Kepada UPTD Museum, Melly Mohammad menambahkan, bahwa kegiatan lomba Edukatif Kultural Museum bertujuan tiada lain untuk lebih memperkenalkan museum kepada seluruh masyarakat di Provinsi Gorontalo.

Disamping itu lanjut dia, dalam rangka menyambut dan memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI yang Ke 77 tahun 2022.

"Lomba ini untuk memperkenalkan museum dan warisan budaya serta memberikan pendidikan kepada masyarakat juga siswa dan siswi," pungkasnya.