Universitas NU Gorontalo Gelar Bimtek Pekerti Dan Applied Approach (AA)

Universitas NU Gorontalo Gelar Bimtek Pekerti Dan Applied Approach (AA)

GOSULUT.ID - Menghadapi tantangan revolusi industri 4.0, pendidikan merupakan modal dasar yang sangat diperlukan sehingga peran dosen dalam mewujudkan sumber daya  manusia  sangat  diperlukan. Dosen secara  langsung  mempengaruhi peningkatan  kualitas  belajar mahasiswa.

Seorang dosen wajib memiliki tiga kemampuan dasar  yakni kemampuan dalam merancang proses pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran secara efektif. Seluruh kemampuan tersebut perlu ditingkatkan melalui pelatihan AA-Pekerti.

Pihaknya juga berterima kasih kepada pihak Universitas NU Gorontalo, dimana telah berkolaborasi mempercayakan kerjasama pelatihan ini dengan UNG. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Negeri Gorontalo diwakili oleh DR. Harto S. Malik, M.Hum selaku Wakil Rektor I UNG, saat membuka Pelatihan Pengembangan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan APPLIED APPROACH (AA), bertempat di LP3M UNG, Rabu, (5/1/2022).

Sementara Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo, diwakili Muchlis S. Huntua, S.Ag., M.Si, menyampaikan, Pelatihan Teknik Instruksional (PEKERTI) untuk dosen muda dan program Applied Approach (AA) untuk dosen senior merupakan dua buah program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka peningkatan kompetensi profesional dosen dalam memangku jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis.

 "Ini merupakan bentuk perhatian serius bapak Rektor UNU Gorontalo DR. Ridwan Tohopi dalam meningkatkan kompentensi dosen dan kualitas peran strategis perguruan tinggi khususnya Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo yang baru masuk empat tahun berdirinya terus mengalami peningkatan jumlah mahasiswanya yang sudah hampir 2000 an," ujar kandidat calon doktor ini.

Sejumlah 33 Dosen yang mengikuti pelatihan ini diharapkan akan memperoleh pengetahuan dasar teknik instruksional serta memiliki kemampuan untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi sistem pembelajaran.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Jaminan Mutu (LP3M) dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Setifikasi Profesional (Pusat Diklat), selama delapan hari dari tanggal 5 sampai dengan 13 Januari 2022.