TPID dan TP2DD Maluku Studi Tiru dan Capacity Building ke Pemerintah Gorontalo 

TPID dan TP2DD Maluku Studi Tiru dan Capacity Building ke Pemerintah Gorontalo 

GOSULUT.ID - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) bersama KPw Bank Indonesia Provinsi Maluku melakukan studi tiru ke Provinsi Gorontalo.

Kunjungan ini diterima langsung Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi Gorontalo Rony Widijarto Purubaskoro dan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Gorontalo Darda Daraba.

Kegiatan kunjungan ini dirangkaikan dengan Capacity Building di Aston yang dibarengi dengan pameran UMKM Binaan KPwBI Provinsi Gorontalo, dan kunjungan lapangan kepada Klaster Padi Organik binaan Bank Indonesia dan Perusahaan PT. Royal Coconut di Kabupaten Gorontalo, Selasa (14/6/2022).

"Selamat datang kepada Asisten II Daerah Provinsi Maluku beserta rombongan KPwBI Provinsi Maluku dan Pemerintah Daerah se-Maluku, di Gorontalo," Ungkap Rony Widijarto Purubaskoro dalam pengantar katanya.

Sementara itu Sekda Darda Daraba dalam sambutannya menekankan pentingnya Roadmap dalam pelaksanaan program kerja Pengendalian Inflasi di Daerah Gorontalo.

Dijelaskan, Prestasi yang telah di raih pada penyelenggaraan TPID awards merupakan keberhasilan kita dalam pengendalian inflasi di daerah.

"Koordinasi dan kolaborasi antara pemerintah daerah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, tim satgas pangan, akademisi serta stakeholder lainnya dalam memadukan berbagai program kebijakan lintas lembaga ataupun lintas sektor demi menjaga stabilitas harga," Paparnya dihadapan 80 peserta TPID dan TP2DD Provinsi se-Maluku dan Gorontalo," jelasnya.

Selain lanjut dia kunci sukses TPID kita yaitu pada strategi 4k yaitu; keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif.

"Terkhusus untuk pengendalian inflasi daerah, pelaksanaan strategi pengendalian inflasi harus diarahkan pada roadmap TPID jangka pendek dan menengah, serta tetap melakukan strategi 4k," Imbuhnya.

Sekda melanjutkan, Roadmap pengendalian inflasi provinsi gorontalo merupakan pedoman pengendalian inflasi daerah di provinsi Gorontalo dalam rangka mendukung pencapaian target inflasi nasional yang ditetapkan, yaitu 3±1% (yoy). 

"Program pengendalian inflasi pada roadmap ini disusun atas dasar sinergi dan kolaborasi program kerja anggota TPID Provinsi Gorontalo serta mempertimbangkan rencana pembangunan jangka panjang dan menengah provinsi gorontalo, sehingga inflasi di Provinsi Gorontalo dapat rendah dan stabil," Tandasnya.