TNI AD Latih dan Bekali Generasi Muda Kemampuan Bela Negara

TNI AD Latih dan Bekali Generasi Muda Kemampuan Bela Negara

GOSULUT.ID Komandan Kodim 1314/Gorontalo Utara Letkol Kav Embi Triono, ST., M. Si. memimpin  pelaksanaan kegiatan Pembukaan Pembekalan Kader Rakyat Terlatih Tingkat Kotamawil TW lll TA. 2021, yang diselenggarakan oleh Kodam XIII/MDK, bertempat di Aula Lembah Beliem Yonif 713/ST, Kamis (12/8/2021).

Kegiatan diselenggarakan sesuai dengan Surat Perintah dan Direktif Kasad Nomor Sprint/2473/Vl/2021 tanggal 30 Juni 2021 Tentang Perintah agar merencanakan dan menyelenggarakan Kader Rakyat Terlatih tingkat Kotamawil TW lll TA. 2021.

Dalam sambutan tertulis Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti W.F. Mamahit, M. Si., yang dibacakan oleh Dandim 1314/Gorut mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada seluruh peserta atas kesediaannya untuk mengikuti kegiatan yang di gelar oleh Kodam XIII/Mdk ini.

Dirinya juga menjelaskan bahwa kegiatan ini salah satu upaya yang dilakukan TNI-AD untuk membantu pemerintah menyiapkan wilayah pertahanan secara dini untuk meningkatkan kemampuan bela negara bagi kaum muda melalui pembekalan kader rakyat terlatih.

"Antara lain dengan membantu mewujudkan generasi muda bangsa Indonesia yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan kesadaran untuk rela berkorban demi Negara," sambungnya

Dijelaskannya tersedianya kader rakyat terlatih di kalangan generasi muda bangsa Indonesia sangatlah penting sebagai bagian dari komponen cadangan dan komponen pendukung dalam rangka pertahanan negara, khususnya bidang Wanra yang juga merupakan amanat dari undang-undang.

Pada kesempatan itu juga Danyonif 713/ST Letkol Inf Lawdewick Brucelle Karthine, S.Sos berharap kepada segenap peserta setelah mengikuti pelaksanaan kegiatan itu, peserta dapat benar-benar menjadi kader rakyat terlatih.

"Yang dapat di andalkan, baik sebagai komponen cadangan maupun sebagai komponen pendukung dalam sitem pertahanan negara," pungkas Danyonif.