Thomas: Peleburan Dinas Perkim Perlu Dipertimbangkan Kembali

Thomas: Peleburan Dinas Perkim Perlu Dipertimbangkan Kembali

GOSULUT.ID - Komisi 3 DPRD Provinsi Gorontalo berharap kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo agar Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) akan tetap berdiri sendiri dan tidak dilebur kembali ke dalam Dinas PUPR.

Menurut Thomas Mopili selaku ketua Komisi yang membidangi Perencanaan dan  Pembangunan tersebut, peran Perkim sangat strategis karena secara spesifik bidang kerjanya menyentuh langsung sendi-sendi kehidupan masyarakat.

"Kami akan sangat menyanyangkan bila perkim akan dikembalikan lagi, sebab selama ini kontribusinya dalam melaksanakan berbagai program dan kegiatan begitu urgen," Katanya. Senin (25/10/2021).

Aleg Golkar ini beralasan setelah dirinya bersama aleg lainnya melakukan kajian serta studi komparasi ke provinsi lain terkait keberadaan Perkim salah satunya di Sulawesi Utara.

"Disana kontribusi Perkim nampak dirasakan dan dilihat jelas, kawasan perymahan dan pemukiman begitu tertata dengan sangat baik," Ujarnya.

Untuk itu Sambung mantan Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Utara ini, dirinya meminta kepada Pemprov dalam hal ini Gubernur perlu mempertimbangkan kembali  kebijakan peleburan kembali perkim ke dinas PUPR.

"Kami bukan menolak, tapi bila melihat perkim selama ini begitu strategis, tinggal bagaimana meningkatkan tipenya dari C ke B atau A, juga suntikan anggaran dan SDM yang memadai serta pemberian kewenangan yang lebih luas sehingga kinerjanya maksimal. Mumpung perdanya belum disyahkan, hal ini akan kami bawa san didiakusikan dengan pak gubernur," Tandasnya.