Thariq Modanggu : Wisata Benteng Orange Miliki Ciri Khas Menarik Serta Basis Sejarah Yang Kuat

Thariq Modanggu : Wisata Benteng Orange Miliki Ciri Khas Menarik Serta Basis Sejarah Yang Kuat

GORUT - GOSULUT.ID

Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu mengatakan, Festival Budaya Benteng Orange menandai kebangkitan pariwisata diera pasca PPKM dan PSBB.

Menurutnya tempat wisata benteng orange ini satu - satunya tempat wisata di Gorut yang memiliki ciri khas yang menarik, serta basis sejarah yang kuat dan keindahan alam yang menarik.

"Maka hal tersebut sangat membutuhkan keseriusan, dan sentuhan kemasan, sehingga ini akan menjadi sajian wisata yang khas di Gorut," ungkap Wabup Thariq Modanggu, pada kegiatan Festival Budaya Benteng Orange, di Desa Jembatan Merah (Jemer), Sabtu (20/11/2021).

Untuk itu, selaku Wabup Gorut, memberikan suport dan apresiasi terhadap balai cagar budaya, Dinas Pariwisata, pemerintah kecamatan dan desa, yang telah melaksanakan pesta budaya, yang diisi dengan beberapa kegiatan lainnya.

"Dan ini sunguh luar biasa. Termasuk pada pelaksanaan itu diisi dengan workshop dan FGD tentang benteng orange. Kemudian ada pentas seni, tari musik tradisional, olahraga kuliner tradisional," terangnya.

Lanjut Thariq menambahkan, tentu kedepan dukungan pemerintah daerah, bahwa secara berjenjang melalui pemerintah desa lewat Dana Desa dapat mengalokasikan khusus dibidang pariwisata. 

"Dan kepada dinas pariwisata juga untuk memberikan kajian tentang apa saja yang kita lakukan dalam rangka event festival budaya benteng ini, agar supaya bisa mendapatkan porsi anggaran di tahun 2022 mendatang," tambahnya.

Atas nama pemerintah daerah dirinya berharap, FGD yang dilaksanakan itu dapat melahirkan sebuah konsep pengembangan wisata di Benteng Orange secara terukur dan berkesinambungan.

"Jadi ada dua sasarannya sekaligus melestarikan budaya, kemudian melestarikan peninggalan ini sebagai satu suasana menunjukan betapa Gorut sejak jaman dahulu kala telah menjadi destinasi. Ini perlu kita pertahankan. Agar keindahan ini akan berbuah menjadi pendapatan masyarakat dan daerah," tandasnya.(***)