Target Realisasi DAK-DAU Terpenuhi, Indra Yasin: Ini Butuh Keseriusan OPD

Target Realisasi DAK-DAU Terpenuhi, Indra Yasin: Ini Butuh Keseriusan OPD

GORUT (GS)  - Untuk mencapai pemenuhan target Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) pada triwulan I tahun 2021 harus membutuhkan keseriusan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bupati Indra Yasin mengatakan, realisasi anggaran yang terserap pada triwulan I ini mencapai angka 11 persen. Sementara untuk realisasi fisik berada pada angka 22,63 persen. 

"Ini terungkap dari rapat koordinasi dan evaluasi (Rakorev) penyerapan anggaran tahun 2021 oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo, yang diikuti Pemkab Gorut secara virtual," kata Indra Yasin, Selasa (20/04/2021).

Bupati dua periode itu mengaku, untuk realisasi anggaran masih terbilang rendah. Namun, untuk realisasi fisik pada triwulan I ini, Gorut telah melampaui target yang sudah ditentukan.

"Saya berharap pada triwulan II bisa naik. Karena target kita 47 persen untuk realisasi fisik," ujarnya. 

Indra menjelaskan, dengan pagu anggaran yang sudah ditetapkan, kurang lebih Rp 105 miliar. Di mana, Rp 60 miliar sudah dilakukan tender, sehingga ini terus dipacu, dalam rangka pencapaian target realisasi.

"Sehingga dari total 58 paket pekerjaan, kalau dipresentase, kita sudah 57,11%. Jadi, saya pikir ini, sepertinya sudah sesuai target. Karena saya berharap, di antara September sampai November nanti sudah sampai dengan 100 persen. Sementara untuk dana desa, dari Rp 103 miliar, kita sudah terserap, kurang lebih Rp 37 miliar sekian dengan presentase 35 persen. Dan saya yakin ini, akhir tahun sudah bisa 100 persen," tutup Bupati dua periode itu.(***)