Soal Pengelolaan Pemandian Lombongo, Faizal: Semua Pihak Harus Duduk Bersama

Soal Pengelolaan Pemandian Lombongo, Faizal: Semua Pihak Harus Duduk Bersama

GOSULUT.ID - Reses masa persidangan ketiga tahun 2021-2022 turut dimanfaatkan anggota DPRD Provinsi Gorontalo daerah pemilihan (dapil) Bone Bolango melakukan monitoring ke kawasan objek wisata Pemandian Lombongo yang berada di Suwawa Tengah, Selasa (21/6/2022).

Ketua Tim reses Faizal Hulukati menuturkan, sebelumnya aset tersebut merupakan miliki kabupaten Gorontalo dan saat telah ini menjadi milik kabupaten Bone Bolango setelah berpisah dan berdiri sendiri .

"Sehingga sampai dengan saat ini pengelolaanya berada dibawah kendali pemerintah kabupaten Bone Bolango," katanya.

Namun disatu sisi kata dia, status atas lahan itu menurut pemerintah provinsi gorontalo sebelumnya adalah aset dari Balai Benih Induk Holtikultura, Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Pasca pemekaran daerah tahun 2000 maka status lahan milik Pemprov Sulut semuanya dialihkan melalui mekanisme Penyerahan Personil, Sarana dan Prasarana (P3D) ke Pemerintah Provinsi Gorontalo," sambungnya.

Atas saling klaim ini menurutnya, perlu ada penyamaan persepsi dan solusi secara bersama-sama karena pemerintah kabupaten Bone Bolango berharap bahwa pengelolaan terhadap obyek wisata lombongo tetap menjadi kewenangannya.

"Hal ini perlu duduk secara bersama-sama antara kedua belah pihak, karena pada intinya pemandian lombongo obyek yang sangat vital dan kebanggaan kita semua,"Tandas politisi PPP ini.