Soal Ibadah Haji, Idah: DPR RI Upayakan Penghapusan Pembatasan Umur dan Penambahan Quota 

Soal Ibadah Haji, Idah: DPR RI Upayakan Penghapusan Pembatasan Umur dan Penambahan Quota 

GOSULUT.ID - DPR RI akan berupaya pembatasan umur yang diberlakukan dalam pelaksanaan ibadah haji selama ini akan dihapus.

"Kami saat ini terus melakukan upaya agar tidak ada lagi pembatasan umur pada pelaksanaan haji pada musim berikutnya," ungkap anggota Komisi VIII DPR RI, Idah Syahidah Rusli Habibie pada kegiatan Strategi pengelolaan keuangan haji dan sosialisasi BPIH, Rabu (30/11/2022).

Untuk itu kata dia, hal ini memerlukan lobi-lobi politik oleh pemerintah dengan DPR RI sehingga upaya yang dilakukan secara bersama-sama ini ke pemerintah Arab Saudi dapat tercapai utamanya pada musim haji tahun depan termasuk juga untuk penambahan quota.

"Quota haji kita saat ini mencapai 100.500 orang, mudah-mudahan tahun 2023 nanti kita harapkan ini bisa terwujud," sambungnya.

Legislator dari partai Golkar ini juga menegaskan, selain soal pembatasan umur dan penambahan quota haji bagi Indonesia, komisinya juga berkomitmen melakukan pengawasan terhadap kenaikan ongkos ibadah haji yang setiap tahunnya terus meningkat.

"Kenaikan ini tidak bisa kita pungkiri, tapi saya bersama teman-teman di komisi VIII menekan kenaikan ini agar tidak membebani sehingga masyarakat dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan lancar dengan tetap mendapat pelayanan yang baik selama melakukan aktifitas ibadahnya di tanah suci," terangnya.

Pada sosialisasi itu, Idah Syahidah juga menyampaikan pemanfaatan dana haji yang selama ini dikelola dan dikembalikan lagi kepada masyarakat melalui program dan kegiatan khususnya bagi umat Islam.

"Selama ini banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang pemanfaatannya, padahal ini dipergunakan kembali untuk kemaslahatan umat seperti melalui program bantuan untuk mesjid, sekolah atau madrasah dan sebagainya," pungkasnya.