Sinergitas Pemkot dan PT Taspen Diharapkan Terus Terjalin Harmonis

Sinergitas Pemkot dan PT Taspen Diharapkan Terus Terjalin Harmonis

GOSULUT.ID - Wali Kota Marten Taha berharap, sinergitas antara Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo dan PT Taspen (Persero), di masa mendatang terus terjalin harmonis. 

Harapan tersebut, diutarakannya pada kegiatan Sosialisasi Ketaspenan dan Penyerahan Secara Simbolis Surat Keputusan (SK) Wali Kota Tentang Pensiun PNS di Lingkungan Pemkot Gorontalo, Senin (19/9/2022). 

Pun, dirinya pada kesempatan tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Taspen (Persero) dan jajarannya yang telah bekerja dengan baik dan terus mendukung berbagai upaya Pemkot dalam penjaminan kesejahteraan bagi para PNS Kota Gorontalo yang telah memasuki purna tugas. 

"Salah satunya melalui sosialisasi pada hari ini yang semoga bermanfaat dan menjadi bekal bagi calon purna bakti di masa mendatang..."

"Bekal ini sangat perlu. Sebab, saat ketika abdi negara atau PNS memasuki purna tugas/pensiun, maka pada masa ini seseorang akan mengalami transisi dalam pola hidupnya...,"

"Hal ini disebabkan berubahnya aktivitas sehari-hari, hilangnya kedudukan dan tanggung jawab seperti saat masih bertugas, kemudian juga  penghasilan yang menurun hingga usia yang semakin senja," jelasnya. 

Oleh karena itu, imbuh Marten, seorang pensiunan harus mendapat pembekalan yang komprehensif dalam menyongsong periode tersebut. 

"Karena periode pensiun bukan merupakan batasan untuk berhenti berkarya dan menghasilkan hal-hal produktif dalam kehidupan bermasyarakat...,"

"Masa pensiun bukanlah akhir dari segalanya. Tapi masa pensiun adalah awal dari kebebasan menentukan arah hidup selanjutnya untuk menjadi lebih baik melalui mindset dan kondisi mental yang baik pula," imbuhnya. 

Olehnya, Marten berpesan, agar para PNS yang akan memasuki purna tugas agar melakukan berbagai persiapan diri menghadapi masa pensiun nanti. 

"Jangan sampai masa pensiun justru mendegradasi kualitas diri yang selama ini kita telah bangun selama berkarir sebagai abdi negara," pungkasnya.