Siapkan Desa Binaan Sebagai Pilot Project, Rily: Keroyokan Program Strategis 30 Wakil Ketua Kadin 

Siapkan Desa Binaan Sebagai Pilot Project, Rily: Keroyokan Program Strategis 30 Wakil Ketua Kadin 

GOSULUT.ID - Baru saja dilantik 3 bulan lalu Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Gorontalo dibawah kepemimpinan Vera Verial langsung tancap gass melaksanakan berbagai program dan kegiatan.

Sejumlah bidang telah memulai melaksanakan berbagai kegiatan bahkan ada yang sebelum pelaksanaan Rapat Kerja Provinsi sampai dengan saat ini, padahal penyusunan program dan kegiatan baru saja difinalisasi pada Rapat Pimpinan (Pinhar) Sabtu (21/5/2022) kemarin dan masih akan dibawa pada rapat pleno diperluas. Bidang-bidang yang telah dan saat ini sementara berjalan kegiatannya seperti, Pertanian, UMKM, Lingkungan Hidup, IT, dan Pariwisata.

"Kami (Kadin) tidak ada kata istirahat lagi, langsung gass poll dengan program kerja selama 5 tahun kedepan," Ujar Vera pada Rakerprov I Kadin Gorontalo, (17/4/) ketika itu.

Senada dengan ketuanya Wakil Ketua Bidang OKK, Rily Gobel menegaskan, hadirnya Kadin ingin membantu dan memberikan solusi kepada pemerintah salah satunya tersedianya lapangan pekerjaan.

"Sebab lapangan kerja adalah pemicu naiknya pertumbuhan PDRB perkapita, nah kami mau memberi pengaruh positif dan berperan membantu pemerintah sehingga tidak terjadi rasio dini dan berkurangnya kemiskinan," Jelasnya, Sabtu (21/5/2022).

Lanjut dia, sesuai dengan program strategis Kadin, saat ini telah diprogramkan Desa Binaan Kadin Gorontalo sebagai pilot project, baik yang berhubungan dengan standar perdagangan dan perindustrian baik skala kecil, menengah dan panjang akan dipraktekkan di desa tersebut.

"Nantinya ini akan menjadi perhatian investor, pemerintah pusat dan menjadi tempat berlatih serta kiblatnya desa lain mengembangkan diri seperti desa yang menjadi pilot project Kadin Gorontalo," Tuturnya.

Langkah awal yang akan dilakukan adalah melakukan survey kemudian melakukan komunikasi dengan kepala desa serta melihat prototipe dari desa sesuai dengan 14 syarat yang harus dipenuhi dan ditindaklanjuti melakukan kerjasama.

Desa tersebut akan dikeroyok oleh 30 Wakil ketua sesuai program strategisnya. Desa ini akan menjadi percontohan dan akan menggunakan skema pembiayaan dari perbankan, investor, pemerintah, dan Kadin.

"Hal ini membutuhkan badan otoritas penjamin mutu program kadin dan kita akan bentuk tim untuk lakukan survey desa mana yang paling layak dan menerima kami (kadin) untuk dijadikan pilot project," Tandas Rily Gobel.