Sekda Roni Sampir Pimpin Rapat Penegakan Perda dan Perbup

Sekda Roni Sampir Pimpin Rapat Penegakan Perda dan Perbup

GOSULUT.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo (Kabgor) Roni Sampir mengikuti sekaligus memimpin rapat penegakan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) yang digelar oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabgor di Ruang Madani Kantor Bupati Gorontalo, Rabu (03/08/2022).

Pada kesempatan itu, Sekda Kabgor Roni Sampir mengatakan, bahwa jajaran Satpol  PP harus lebih mengoptimalkan beberapa hal terkait penegakan Perda dan Perbup.

“Hal ini tentunya membutuhkan koordinasi dan sinergitas kita dengan para penegak hukum,” kata Roni.

Untuk itu, Roni menjelaskan agar permasalahan - permasalahan dapat teratasi di jajaran Satpol-PP, instansi terkait harus memenuhi kebutuhan personil supaya memadai. Hal itu dibutuhkan, karena minimnya pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS).

“Idealnya itu harus berjumlah 9 orang sebab Kabgor memiliki wilayah luas dan penduduk yang besar. Namun sampai saat ini jumlah PPNS itu baru 6 orang. Olehnya kedepan Pemda akan memenuhinya, termasuk kebutuhan sarana prasarana di Satpol-PP menjadi perhatian kami,” kata Roni.

“Dalam amat undang – undang bahwa Satpol-PP juga diharuskan harus mempunyai kantor sekertariat PPNS, sebab Satpol-PP memiliki Stadar Pelayanan minimal tesendiri,” pungkasnya.***