Sarana Prasarana, Dokter Specialis, dan  Akses Jalan di RSUD Boliyohuto Jadi Perhatian Komisi 4

Sarana Prasarana, Dokter Specialis, dan  Akses Jalan di RSUD Boliyohuto Jadi Perhatian Komisi 4

GOSULUT.ID - Komisi IV DPRD Provinsi Goronralo melakukan peninjauan ke RSUD Boliyohuto yang berada di Kabupaten Gorontalo, Sabtu (8/1/2022).

"Kita ingin melihat sejauh mana keberadaan Faskes (Fasilitas Kesehatan) ini yang baru didirikan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo dan sejauh mana intervensi pemerintah provinsi atau dinas terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan," Ujar anggota Komisi 4, Adnan Entengo.

Dikatakan, RSUD yang dibangun dengan dana PEN sebesar Rp 60 Miliar ini masih dalam tahap pengembangan dan masih sangat memerlukan bantuan dan intervensi seperti pengembangan SDM yaitu Dokter spesialis.

"Sebagimana penyampaian pihak RSUD, utamanya dokter specialis anak sebagai kebutuhan dasar dalam sebuah rumah sakit," Sambung aleg PKS ini.

Menurutnya, dari hasil peninjauannya, dari fasilitas prasarana gedung sudah cukup luar biasa seperti tahapan pembangunannya yang bisa menunjang kapasitas kenaikan tipe saat ini.

"Ini akan menjadi penunjang kenaikan tipe rs mulai tipe D saat ini ke tipe-tipe selanjutnya, juga pengembangan rawat inap dan ditambah intervensi dari pemprov sebagaimana aspirasi untuk akses jalan masuk ke RSUD ini," Jelasnya.

Adnan menambahkan, meski perhatian dan intervensi Pemprov sudab ada, tapi Ketua BAPEMPERDA DPRD tetap berharap akan terus berkelanjutan kedepan agar pengembangan rumah sakit tersebut semakin maksimal dan dari segi sarana prasarana, penunjang dan SDM makin memadai.

"Mengingat keberadaan dan posisi RSUD ????Boliyohuto ini berada di wilayah barat dan berbatasan dengan Kabupaten Boalemo, Faskes ini bisa menyelesaikan persoalan-persoalan kesehatan bagi daerah dikawasan tersebut serta sekitarnya, apalagi saat ini kunjungan ke rumah sakit sudah mencapai 1000 kunjungan," Tandas Ketua DPW PKS Provinsi Gorontalo ini.