Ritual Mandi "Syafar" Begini Penjelasan Bupati Indra Yasin

Ritual Mandi "Syafar" Begini Penjelasan Bupati Indra Yasin

GORUT - GOSULUT.ID

Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin kunjungi tempat pemandian safar dalam rangka kegiatan Ritual Budaya Mandi Syafar bertempat di Desa Buata, Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu (06/10/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala BWS II Gorontalo, Wakil ketua I DPRD Gorut, pimpinan OPD, Camat Atinggola, serta kepala desa.

"Syukur alhamdulillah hari ini kita bersama - sama melaksanakan satu agenda yang setiap tahun kita lakukan, yaitu ritual adat mandi syafar," ungkap Bupati Indra Yasin.

Bupati Indra menjelaskan, seperti diketahui bahwa ritual adat mandi syafar dilaksanakan setiap tahunnya bagi masyarakat Gorut khususnya Atinggola.

"Jadi kepercayaan masyarakat kita bahwa mandi safar salah satu ritual untuk menolak bala yang menimpa/menyerang tumbuh - tumbuhan, hewan, dan manusia," jelas Indra Yasin.

Ia menambahkan, seperti saat ini di seluruh dunia khususnya Gorut berada ditengah pandemi Covid - 19. Sehingga kegiatan seremonial lainnya berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Mudah - mudahan dengan mandi safar hari ini, bala dalam bentuk Virus Corona (Covid - 19) itu diangkat oleh Allah SWT termasuk juga yang menyerang tumbuh - tumbuhan dan hewan," tutupnya.(MA)