Raker Komisi 3 Bersama BWSS II, Fokus Penanganan Dampak Banjir Dan Progress Seluruh Paket Pekerjaan

Raker Komisi 3 Bersama BWSS II, Fokus Penanganan Dampak Banjir Dan Progress Seluruh Paket Pekerjaan

GOSULUT.ID - Komisi 3 DPRD Provinsi Gorontalo melakukan rapat kerja bersama Balai Wilayah Sungaj Sulawesi (BWSS) II terkait evaluasi program kerja dan kegiatan tahun anggaran 2021 dan rencana kerja program kegiatan tahun anggaran 2022. Senin ( 22/11/2021).

Sejumlah program dan kegiatan mendapat perhatian komisi yang membidangi Perencanaan dan pembangunan, seperti sejumlah titik atau spot yang terdampak musibah banjir yang baru-baru ini melanda sejumlah daerah di Provinsi Gorontalo, seperti yang paling parah di di Desa Datahu, Botumoputi, Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, juga  Bone Bolango, dan di Gorontalo utara.

Menurut Thoms Mopili selaku Ketua Komisi 3, penangan membutuhkan analisa yang cepat terhadap titik seperti pembangunan dan perbaikan tanggul sungai, penempatan gorong-gorong oleh BWSS.

Aleg Golkar ini bersama sejumlah anggota lainnya menanyakan upaya awal yang dilakukan oleh pihak balai termasuk penggunaan anggaran untuk penanganan dampak banjir.

"Hal ini sangat penting mengingat kondisi cuaca akhir tahun yang dikhawatirkan curah hujan akan meningkat kembali sehingga musibah banjir bisa terjadi kapan saja. di Wilayah-wilayah tadi sangat penting diutamakan karena dikhawatirkan tempat tinggal bahkan nyawa sangat terancam," jelasnya.

Kepala BWSS II, Naswardi menyampaikan, penanganan dampak banjir telah dilakukan dengan membantu membersihkan fasilitas ibadah dan sarana pendidikan serta penggunaan anggaran dalam selama menangani dampak banjir.

"Kami dari balai sungai turut terjun langsung membantu warga, diantaranya membersihkan mesjid dan sekolah dengan menggunakan pompa air untuk menyedot genangan air. Untuk anggaran penanganan banjir, dari Rp 700 juta anggaran yang ada, ada sekitar Rp 400 tersedot dalam pemulihan Polres Gorontalo," Jelasnya.

Selain penanganan dampak banjir, Komisi 3 turut mengapresiasi program paket kegiatan pekerjaan yang dilaksanakan selama tahun 2021 ini, tinggal menyisakan satu pekerjaan di Taludaa Kabupaten bone bolango.

"Pekerjaan di sana terhambat karena disana juga ada pelaksanaan kegiatan dari bina marga, sehingga kami masih menunggunya hingga selesai. insyallah bisa segera dilakukan," Kata Naswardi menjelaskan.