Rachmat Gobel Terus Perhatikan Nasib Para Petani, Rustam Hs. Akili : Ini Akan Kami Lakukan 

Rachmat Gobel Terus Perhatikan Nasib Para Petani, Rustam Hs. Akili : Ini Akan Kami Lakukan 

GOSULUT.ID - Dalam kunjungan kerjanya wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Rachmat Gobel langsungkan panen raya jagung di demplot yang terletak di Desa Tolotio Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, tepatnya di kompleks bandara udara Jalaludin.

Lewat kesempatan ini, Rachmat Gobel didampingi Dirut PT. Petrokimia Gresik, Dirut Pertosida Gresik, Bupati Bone Bolango, Tenaga Ahli, Kadis Pertanian Kabupaten Gorontalo, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Gorontalo serta Kelompok dan masyarakat.

Panen raya ini juga dilangsungkan doorprize yang dengan hadiah terbesar 2 ekor kambing etawa dan hadiah lainnya yang cukup spektakuler. 

Usai melakukan panen raya Dirut PT. Pertokimia Gresik, Rahmad Pribadi menjelaskan produktifitas para petani ketika menggunakan produk nonsubsidi sangat tinggi dan ini merupakan salah satu keuntungan bagi para petani.

" Disini kelihatan sekali dengan tehnik tidak terlalu rumit produktifitas para petani sangat tinggi sekali, produksinya dua kali lipat dari yang lainya yaitu 10,1 ton per hektar, biasanya disekitar sini saya dapat informasi hanya lima ton per hektar, "ucapnya,Sabtu ( 04/07/2020).

Rahmat Pribadi, mengakui jika lahan pertanian di wilayah Kabupaten Gorontalo cukup luas dan bisa menghasilkan panen yang luar biasa.

"Ini membuktikan dengan luas yang sama di gorontalo bisa memproduksi jagung 2 kali lipat dari yang sekarang dan itu kalau terjadi tantangan yang diberikan Pak Rachmad Gobel dimana mensejahterakan petani itu bisa terjadi ,"tandasnya.

Di tempat yang sama, Rachmad Gobel kepada sejumlah awak media menjelaskan terkait keluhan dari para petani mengalami harga yang anjlok ketika pasca panen tiba. menurutnya Ia akan berusaha menghadirkan industri agar petani bisa disejahterakan.

" Biasanya bukan hanya jagung ada juga tomat dan cabai ketika panen harga jatuh dan itu terjadi di indonesia, harus ada proses kelanjutanya bagaimana cara membangun nilai tambah ketika pasca panen itu sendiri misalnya industrinya harus ada, pengelolaan bisa moderen dengan adanya demplot ini segera direncanakan bagaimana agar bisa masuk industrinya, sehingga secara total itu akan mendapat harga yang baik bagi masyarakat dan para petani,"paparnya.

Sementara itu, tenaga ahli Wakil Ketua DPR-RI Rustam Hs. Akili dalam laporanya mengatakan, ini merupakan tekat dan komitmen dari Rachmad Gobel selaku wakil rakyat untuk mensejahterakan masyarakat gorontalo.

" Kita tau bersama Gorontalo merupakan daerah termiskin ke lima di Indonesi maka dari pada itu wakil kita yaitu Pak RG tidak mau daerahnya terus begini, maka dari pada itu mari kita kawal dan dukung terus beliau, dan program ini bukan hanya berhenti disini, akan berkelanjutan hingga benar - benar daerah ini maju, "ucapnya.

Rustam menegaskan, jika demplot yang dilakukan oleh wakil ketua DPR-RI itu tidak sekedar gaga-gagahan namun tidak memiliki hasil yang jelas.

" Ini program untuk meningkatkan kualitas pertanian yang memiliki nilai lebih, jadi demplot ini bukan sekadar gagah-gagahan saja kemudian tidak berkelanjutan ,"tegasnya.***

Editor : ALWIN IBRAHIM