Program PTSL Tahun 2022 di Provinsi Gorontalo Capai Target 100 Persen

Program PTSL Tahun 2022 di Provinsi Gorontalo Capai Target 100 Persen

GOSULUT.ID - Pelaksanaan program Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2022 di Provinsi Gorontalo mencapai target 100 persen.

"Target sebesar 25 ribu bidang tanah bisa kita capai baik SHT (Sertifikat Hak Tanggungan) maupun K4 (kluster 4), Alhamdulillah atas capaian ini menempatkan Provinsi Gorontalo termasuk dengan capaian 100 persen," ujar Kepala BPN Provinsi Gorontalo, Ery Juliani Pasoreh, Rabu (18/01/2023).

Dikatakan, hasil ini tidak lepas dari upaya dan langkah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan kepastian dan penyiapan alas haknya dan pemasangan tanda batas.

Kemudian adalah koordinasi dengan seluruh stakeholder pemerintah provinsi dan Kabupaten kota melalui perangkat yang ada di desa-desa.

"Karena memang aparat kami terbatas, yang mengetahui wilayah dan bidang tanah itu kades, jadi kami sangat tergantung dengan bantuan dari mereka yang membantu dalam mengumpulkan berkas yuridisnya, alas hak dari warga dan juga membantu untuk menunjukan batas bidang dari masyarakat yang memohon hak," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, hingga saat ini bidang tanah yang sudah terdaftar mencapai 492553 bidang dari total menurut data BPS sebesar 572. 766 bidang.

"Jadi sudah mencapai 86 persen atau menyisakan 14 persen lagi, dan sebagian besar berada di Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten gorontalo, sedangkan kota Gorontalo akan kita upayakan terdaftar seluruhnya karena tinggal menyisakan 3 persen lagi," sambungnya.

Ery menegaskan, awal tahun 2023 ini pihaknya langsung tancap gas dan direncanakan minggu depan seluruh panitia Ajudikasi sudah akan dilatih.

"Lalu konsentrasi penuh untuk melakukan pengukuran, jadi kita monitoring terus menerus terhadap progres yang berada di lapangan," tandasnya.