Potensi Desa Perlu Diperhatikan, Wabup Thariq Minta Peran BUMDesa

Potensi Desa Perlu Diperhatikan, Wabup Thariq Minta Peran BUMDesa

GORUT (GS) - Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu mengatakan, pentingnya peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dalam membangun kemajuan desa.

Hal itu disampaikan usai memberikan materi pada webinar nasional pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dalam mewujudkan desa mandiri melalui kemitraan kampus inovasi yang dilaksanakan Universitas Bina Taruna (UNBITA) Gorontalo, yang diikuti dari Aula Tinepo, Kantor Bupati Gorut, Rabu (07/07/2021).

"Pertama, harus dilihat pada qualitynya. Artinya, kualitas produk, misalnya pariwisata. Sebagai contoh, hampir semua kecamatan di Gorut yang memiliki BUMDesa mengelola pariwisata. Nah, itu harus dilihat, kekhususnya keunikan dan kekhasan dari masing - masing potensi desa itu, betul-betul harus teruji dan dibutuhkan orang banyak," ungkap Wabup Thariq Modanggu.

Iapun mengatakan, berbagai produk disetiap desa juga perlu diperhatikan. Misalnya, air kemasan atau produk usaha kerajinan yang tidak hanya dilihat dari kualitasnya, akan tetapi kapasitasnya juga perlu diperhatikan.

"Kenapa, karena ketika pasar sudah membutuhkan, ternyata kapasitas produksinya hanya terbatas. Makanya, kualitas harus diimbangi kapasitas," ucapnya. 

Lanjut kata Thariq, yang perlu diperhatikan juga adalah struktur BUMDesa yang kuat dan efektif. Struktur yang kuat artinya benar - benar memiliki jenis - jenis usaha yang mampu menopang BUMDesa.

"Makanya, mekanismenya benar - benar harus melalui Musyawarah desa (Musdes). Saya kira itu yang menjadi kunci utama dan paling terakhir kami sampaikan bahwa BUMDesa harus berkontribusi terhadap penanggulangan kemiskinan di desa," pungkasnya. (***)