Potensi Banjir, Masyarakat Randangan dan Patilanggio Diminta Waspada

Potensi Banjir, Masyarakat Randangan dan Patilanggio Diminta Waspada

GOSULUT.ID - Guyuran hujan yang berlebihan melanda Kabupaten Pohuwato, memaksa masyarakat Kecamatan Randangan dan Patilanggio harus waspada akan terjadinya bencana banjir, jika terputusnya tanggul sungai Randangan.

Dimana derasnya tekanan arus air sungai, kini sudah naik di atas permukaan tanah milik para petani. Tinggi air tersebut diperkirakan kurang lebih naik 1 meter, namun saat ini tekanan air sungai masih terbendung, karena adanya bangunan tanggul. Tetapi, tidak menuntut kemungkinan, derasnya air sungai dapat merusak fisik tanggul hingga jebol.

Sersi Giasi sekretaris kecamatan (Sekcam) Randangan menghimbau kepada masyarakat Randangan agar tetap waspada banjir, mengingat curah hujan yang sering jatuh.

"Saat ini sudah mendung lagi, kemungkinan besar turunya hujan. Saya menghimbau masyarakat Randangan untuk harus mewaspadai keadaan alam saat ini, mengingat peristiwa beberapa tahun belakang, dimana Randangan terendam banjir," imbau Sersi, Jum'at (15/07/2022).

Lebih lanjut, Sersi Giasi mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Kecamatan turun langsung untuk memantau keadaan air sungai Randangan.

"Saat ini pak camat langsung yang turun memonitori keadaan situasi air sungai saat ini, mengingat Taluditi sekarang sudah tergenang banjir akibat curah hujan tinggi," katanya***