Piala Gubernur ESI Gorontalo Resmi Dihelat, Hamka: Esport Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal

Piala Gubernur ESI Gorontalo Resmi Dihelat, Hamka: Esport Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal

GOSULUT.ID - Piala Gubernur ESI (Esport Indonesia) Provinsi Gorontalo Tahun 2022 resmi dihelat mulai 21 hingga 24 September, yang dibuka langsung Penjabat Gubenur Gorontalo, Hamka Hendra Noer didampingi Ketua Umum ESI Gorontalo, Suryono bertempat di Bele Li Mbui, Kota Gorontalo, Selasa (20/9/2022).

Kejuaraan pertama ditingkat Provinsi Gorontalo ini turut dihadiri Wakil Walikota Gorontalo Ryan Kono, Telkomsel, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo dan Bank Mandiri Cabang Gorontalo serta secara virtual disaksikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno.

Penjabat Gubernur dalam sambutannya menyampaikan Esport adalah termasuk salah satu cabang olahraga baru yang pertama kali dipertandingkan ditingkat provinsi, salah satu tujuan untuk menyaring atlet yang akan mewakili Gorontalo ke tingkat nasional.

"Kejuaraan ini merupakan menyeleksi bibit dan bakat dan nantinya akan mewakili provinsi gorontalo untuk berkompetisi di nasional," ujarnya.

Dikatakan, olahraga ini adalah ajang menampilkan keterampilan dan intelektualitas dengan melibatkan lebih dari satu pemain yakni secara berkelompok atau tim.

"Ini olahraga yang paling lengkap dan terukur dengan membangun kekuatan kebersamaan atau biasa disebut tim building, makanya tidak akan menang kalau hanya sendiri-sendiri tanpa ada kerja secara tim," ungkapnya.

Lanjut Penjagub, melalui Esport juga bisa mendorong ekonomi lokal karena ada aktifitas ekonomi didalamnya.

"Semakin banyak kita laksanakan kejuaraan Esport ataupun kegiatan olahraga lainnya maka ekonomi Gorontalo semakin berkembang," tandasnya.

Ketua ESI Gorontalo Suryono dalam pengantarnya menjelaskan, kepengurusan ESI di Provinsi Gorontalo telah terbentuk di seluruh kabupaten kota dan telah menyelenggarakan kejuaraan. 

"Dan hasilnya kita adu sekarang pada Piala Gubenur ini. Nanti dari sini akan ada atlet-atlet Gorontalo dan akan dikirimkan pada kejuaraan dj Piala Presiden," pungkasnya.

Pembukaan Piala Gubernur ESI Gorontalo turut dirangkaikan dengan talkshow bertajuk "Menakar Industri Esport Membantu Ekonomi Daerah dan Ekosistem dengan Moderator Ketua Harian ESI Gorontalo, Ryza Mediansyah.