Peringati Hari Patriotik 23 Januari, Fadel Pimpin Upacara dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Kalibata

Peringati Hari Patriotik 23 Januari, Fadel Pimpin Upacara dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Kalibata

GOSULUT.ID - Memperingati Hari Patriotik 23 Januari Ke 81, Wakil Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum Paguyuban Lamahu Fadel Muhammad memimpin upacara dan tabur bunga di Makam Pahlawan Nasional, Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (23/01/2023).

Upacara dan tabur bunga turut dihadiri Cucu mendiang Pahlawan Nasional Nani Wartabone dan para anggota paguyuban atau organisasi masyarakat Gorontalo Lamahu.

Hari Patriotik 23 Januari 1942 diperingati setiap tahunnya karena merupakan peristiwa yang bersejarah bagi rakyat dan daerah gorontalo dalam melepaskan diri dari belenggu penjajah saat itu yang dipimpin Nani Wartabone.

“Pada 23 Januari 1942 adalah hari yang sangat berarti, karena kita mendeklarasikan kemerdekaan Provinsi Gorontalo dari penjajah,” kata Fadel.

Bagi Fadel sendiri, sosok Nani Wartabone merupakan sosok yang sangat menghargai NKRI dan menjadi panutan bagi masyarakat di Gorontalo. Bahkan hingga sampai saat ini, spirit perjuangan dari Nani Wartabone masih tetap dipegang oleh masyarakat Gorontalo.

“Beliau itu seorang petani yang dihormati di Gorontalo. Sehingga di Gorontalo itu kita terus mendorong masyarakat petani yang merupakan tulang punggung di Gorontalo. Kita usahakan bangun,” paparnya.

Sementara itu Sekjen Lamahu, Syaiful Ngiu menyampaikan, kegiatan peringatan Hari Patriotik berbeda dengan yang telah telah dilaksanakan sebelumnya oleh Lamahu. 

"Lamahu dibawah kepemimpinan pak Fadel Muhammad saat ini berbeda dimana kegiatan seperti ini hanya ziarah dan tabur bunga, namun di tahun ini dilaksanakan upacara dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh Garnisun, sehingga Alhamdulillah upacara berlangsung dengan penuh khidmat," tuturnya.

Tidak saja lanjut dia kembali, kegiatan ini selain diikuti oleh seluruh pengurus Lamahu juga dihadiri banyak tokoh masyarakat Gorontalo yang berada di Jakarta.

"Seperti Dirjen Pemerintahan Desa Bapak Zen Badjeber, Jimy Tahir, Roy Dunda Safrin Nurmanto dan salah satu cucu dari pahlawan perjuangan Hari Patriotik Nani Wartabone yakni Dr. Delyuzar Ilahude Wartabone," tandasnya.