Penjagub Hamka Hendra Noer Memberi Perhatian Khusus Pada Petani Provinsi Gorontalo

Penjagub Hamka Hendra Noer Memberi Perhatian Khusus Pada Petani Provinsi Gorontalo

Foto : Penjagub Gorontalo Mengecek Alat-alat Pertanian Yang Baru Dibeli

 

 

GOSULUT.ID - GORONTALO

Penjabat Gubernur (Penjagub) Gorontalo, Hamka Hendra Noer menaiki alat combine harvester yang baru di Brigade Alsintan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Rabu (21/12/2022).

Foto : Penjagub Gorontalo Sedang Menaiki Alat Combine Harvester 

Dalam kesempatan itu, Penjagub Hamka Hendra Noer didampingi PJ Sekdaprov Syukri Botutihe dan Kepala Dinas Pertanian Mulyadi Mario, saat berada di lokasi simpan pinjam Brigade Alsintan.

Untuk itu, Hamka Hendra Noer mengatakan, kurang lebih ada 54 alat pasca panen yang berhasil didatangkan oleh Pemprov Gorontalo yang dibeli melalui PT Corin di Jawa Timur di tahun 2022 ini. Guna membantu petani di Gorontalo.

"Ada-pun, alat alat tersebut terdiri dari 34 unit combine harvester, 15 unit trektor roda empat dan lima unit uv dryer (pengeringan). Anggaran yang dikucurkan untuk mendatangkan alat alat tersebut sekitar Rp 50 miliar," kata Penjagub Gorontalo.

Lebih lanjut Hamka Hendra Noer mengungkapkan, hari ini, pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pertanian, terus melengkapi alat alat pertanian pasca panen untuk membantu produksi masyarakat petani di Gorontalo. 

“Hari ini kita cek dan ternyata alat alatnya sudah sampai. Kita memang sedang berikhtiar kalau alat – alat ini lengkap, tentu bisa membantu menggairahkan para petani untuk bisa memacu mereka berhasil di bidang pertanian,” kata Hamka

Kedepan, menurut Staf Ahli di Kemenpora RI,  Pemprov Gorontalo akan membeli drone. Sebuah alat terbang yang berfungsi sebagai alat untuk menyiram benih padi. Sehingga para petani tidak perlu melakukan lagi penyiraman secara manual untuk penyemprotan pupuk. Agar kualitas panen petani Gorontalo semakin bagus, dengan biaya lebih efesien serta penggunaan tenaga kerja yang lebih sedikit.

Sebagai informasi bagi masyarakat, khususnya bagi para petani, semua alat pertanian milik pemprov Gorontalo ini disimpan di lokasi brigade alsintan UPTD dinas pertanian. Dan semua masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani dipersilahkan untuk meminjam alat alat ini. Syaratnya hanya perlu menjaga kebersihan dan keutuhan alat. Tanpa membayar biaya pinjaman.***