Penanganan Banjir Tolite Harus Menjadi Prioritas Utama

Penanganan Banjir Tolite Harus Menjadi Prioritas Utama

GOSULUT.ID - Menindaklanjuti aduan warga Desa Tolite terhadap musibah banjir yang kerap melanda wilayahnya, Komisi 3 DPRD Provinsi Gorontalo, serta aleg Dapil Boliyohuto Cs langsung turun melakukan peninjauan didampingi Dinas PU PR Provinsi Gorontalo, Balai Wilayah Sungai Sulawesi II, BPBD Kabupaten Gorontalo, Camat Boliyohuto dan Tolangohula, Kepala Desa Tolite dan Molohu serta unsur masyarakat. Rabu (22/09/2021).

Salah satu aleg, Wasito Sumawiyono menyampaikan, ada beberapa kawasan permukiman di Boliyohuto yang sangat rawan banjir, seperti Desa Tolite, Diloniyohu, Bongongoayu dan Molohu. 

Dikatakan, dengan sentrum banjir ada di desa Tolite dengan cakupan wilayah paling luas dan paling parah dampaknya. banjir ini di akibatkan oleh meluapnya sungai paguyaman dan meluap melewati desa molohu dusun motoy..dan dampak banjirnya hingga ke desa Diloniyohu sementara untuk banjir desa Diloniyohu dan bongongoayu merupakan luapan sungai huludeiyetu yang merupakan pertemuan dua sungai yaitu sungai buliya dan sungai hunggaluwa.

"Banjir tolite hampir tercatat setiap tahun terjadi dan bahkan beberapa kali dalam setahun dengan kedalaman air mencapai di atas 2 meter," terang Aleg asal Partai Golkar ini.

Kemudian di Desa Motoduto yang merupakan desa yang sebagian wilayahnya di bantaran sungai paguyaman, selanjutnya Desa Totopo dan juria, desa Olimohulo pangahu serta Maja Tolite yang merupakan daerah paling luas wilayah terdampar yang paling parah kerusakamnya dan yang paling sering kejadian banjirnya.

Menurut Wasito dengan kondisi wilayah yang cukup rawan ini, penanganan banjir tolite harus menjadi menjadi skala prioritas utama penanganan banjir di provinsi Gorontalo, namun dengan tetap menjadikan kawasan banjir lainnya adalah merupakan upaya penting yang harus mendapatkan penanganan serius oleh pemerintah..

Ia mengajak semua stakeholder terkait agar serius menangani dan menjadikan penanganan penanggulangan banjir tolite menjadi prioritas utama

"Rakyat Tolite dan sekitarnya sudah capek dengan banjir yang selalu rutin menimpa mereka. Penanganan banjir tolite harus menjadi prioritas utama," tandas wasito.