Pemprov Gorontalo Gelar Pasar Murah Jelang Ramadan

Pemprov Gorontalo Gelar Pasar Murah Jelang Ramadan

Gorontalo (GS) – Pemerintah Provinsi Gorontalo menjelang bulan suci Ramadan menggelar pasar murah di halam Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag), Sabtu (10/4/2021).

Berbagai sembako dijual dengan harga lebih murah dari pasar. Ada juga beberapa bahan pangan yang disubsidi oleh pemerintah seperti cabai rawit dijual Rp20.000 per setengah kilogram, minyak goreng Rp10.000 per botol serta gula pasir Rp10.000 per kilogram.

Menurut Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo Darda Daraba mengungkapkan, kegiatan ini sebagai bentuk peran pemerintah untuk hadir di tengah-tengah masyarakat, utamanya dalam membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari menjelang bulan puasa yang tinggal beberapa hari kedepan.

"Apalagi saat kondisi pandemi covid-19 yang hingga hari ini tidak kunjung selesai, ditambah dengan melonjaknya beberapa harga barang kebutuhan pokok, seperti cabai rawit, gula pasir dan barang kebutuhan lainnya, mewajibkan pemerintah untuk segera hadir mengantisipasi, dengan salah satunya melaksanakan kegiatan pasar murah," ungkapnya.

Darda Daraba menambahkan, hari ini pemerintah hadir dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadan, tujuannya agar masyarakat bisa mendapatkan sembilan bahan pokok (sembako) yang tentunya harga terjangkau.

Lebih lanjut Darda mengatakan, selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi bulan puasa dan idul fitri, pasar murah yang dilaksanakan Dinas Kumperindag ini sebagai ajang promosi prodak UMKM yang ada di Gorontalo.

“Saya berharap sasaran dari pasar murah ini betul betul bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata Darda.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo Risjon Sunge menjelaskan, pasar murah akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan. Gelaran pasar murah tahun ini pun berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana tahun ini pasar murah lebih komplit dengan sembilan bahan pokok yang disediakan. Ada pula daging sapi, ayam dan ikan serta menjual berbagai peralatan dapur.

“Sehingga mereka yang datang membeli di sini tidak lagi mampir kemana mana, mereka sudah bisa berbelanja lengkap kemudian langsung pulang ke rumah sehingga bisa menghemat biaya transportasi dan tentu harganya terjangkau dan ada diskon diskon khusus dari distributor,” ujar Risjon.

Selain itu, Mantan kepala Dinas Sosial ini menyampaikan, selama bulan Ramadan, pihaknya akan melaksanakan bazar takjil di depan kantor Dinas Kumperindag.***