Pemprov Gorontalo Dukung Penuh Implementasi Program MBKM Kemendikbud

Pemprov Gorontalo Dukung Penuh Implementasi Program MBKM Kemendikbud

GOSULUT.ID - GORONTALO

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo, mendukung penuh implementasi kebijakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan dan Kebududayaan (Kemendikbud).

Dukungan tersebut dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, saat menerima kunjungan mahasiswa kampus merdeka belajar dari berbagai universitas di Indonesia di ruang Huyula Gubernuran Gorontalo, Kamis (13/1/2022). 

Mewakili Pemoriv, dirinya memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang sudah datang ke Gorontalo untuk menimba ilmu dan pengalaman.  

"Selaku Pemerintah Provinsi Gorontalo, saya berharap mahasiswa tersebut dapat memperoleh pengetahuan sesuai dengan apa yang dicita-citakan<" harapnya.

Sementara itu, dosen pembimbing Modul Nusantara UNG Larasati Wibowo, menjelaskan bahwa pertukaran Mahasiswa Merdeka dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta mahasiswa terhadap keberagaman budaya tanah airnya serta mendorong penguatan dan perluasan kompetensi akademik mahasiswa.

“Tahun ini di UNG sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar, jadi mahasiswa baik dari UNG dan luar UNG boleh mengambil mata kuliah di luar kampus mereka. Mahasiswa ini akan menjalani perkuliahan selama 4 bulan dan ada yang dari fakultas bahasa, pertanian, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya,” tutur Larasati.

Menurut Larasati, program itu dapat diikuti oleh mahasiswa dari semester tiga hingga semester tujuh. Selain memberikan kesempatan belajar di kampus, dalam program ini mahasiswa akan mengeskplorasi keragaman kebudayaan Gorontalo melalui pembelajaran Modul Nusantara. 

Dalam Modul Nusantara terdapat 25 kegiatan di antaranya pengenalan sejarah, seni, budaya. Selain itu, ada kegiatan inspirasi di mana mahasiswa berdiskusi dengan figur-figur inspiratif daerah.

“Mengenal pemerintahan juga salah satu dari modul pembelajaran kami namanya kebinekaan jadi kami mempelajari bagaimana pemerintahan di Gorontalo dengan mengunjungi kantor dan Museum dan Kami juga sudah mengunjungi, benteng otanaha, melihat UMKM karawo, makanan khas Gorontalo jadi insyaallah teman teman ini sudah memperoleh ilmu tentang bagaimana budaya Gorontalo,” ungkapnya.

DIketahui, mahasiswa merdeka ini di antaranya berasal dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Sriwijaya, Universitas Telkom Bandung, Universitas Gunung Jati, serta Universitas Negeri Medan.***SAS