Pemprov Akan Rehabilitasi Museum Nani Wartabone, Kris: Situs Sejarah Harus Dilestarikan

Pemprov Akan Rehabilitasi Museum Nani Wartabone, Kris: Situs Sejarah Harus Dilestarikan

GOSULUT.ID - Rencana Pemerintah Provinsi Gorontalo akan rehabilitasi rumah Museum dan Makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone yang berada di Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango, mendapat dukungan dari Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Moh Kris Wartabone.

Dikatakannya, rencana perbaikan itu sudah sejak lama diusulkan karena itu merupakan situs dan bukti sejarah yang perlu dijaga dan harus dilestarikan agar diketahui oleh generasi muda yang ada di provinsi Gorontalo.

"Sebagai pahlawan nasional, Nani Wartabone dalam menjaga NKRI akan menjadi spirit bagi generasi kita berikutnya untuk membangun daerah ini kedepan," imbuhnya.

Menurutnya, dengan spirit itu situs dan peninggalan sejarah harus dilestarikan dengan melakukan perbaikan atau merehabilitasi rumah yang telah menjadi museum dan makam dari Pahlawan Nasional tersebut.

"Rumah dan makam ini merupakan situs dan sejarah tentu kelestariannya perlu dijaga kedepan agar terus bertahan sehingga dapat dilihat oleh generasi kita selanjutnya," sambungnya.

Olehnya lanjut dia, untuk menindaklanjuti rencana tersebut, DPRD Provinsi Gorontalo akan segera melakukan pembahasan bersama pemprov Gorontalo.

"Tentu kami (DPRD) sangat setuju dan akan segera berbicara dengan bapak Penjagub terkait rencana merehabilitasi rumah Museum dan makam itu," tandas Kris.

Sebelumnya Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer saat menjadi irup dalam upacara perayaan hari Patriotik menegaskan, untuk melestarikan salah satu saksi sejarah Kemerdekaan Gorontalo maka rehabilitasi rumah museum Nani Wartabone bakal dikerjakan tahun ini.

“Rehabilitasi rumah museum Nani Wartabone bakal dikerjakan tahun ini dengan anggaran APBD tahun 2023 sebesar Rp 244.730.000 juta melalui Dinas Sosial Provinsi Gorontalo,”imbuhnya.