Pemkot Gorontalo Upayakan Bantuan RLH Lewat BSRS

Pemkot Gorontalo Upayakan Bantuan RLH Lewat BSRS

GOSULUT.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, mengupayakan penyediaan Rumah Layak Huni (RLH) bagi masyarakat berpenghasilan rendah, lewat Program Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS). 

Hal ini diutarakan oleh Wali Kota Marten Taha, pada    acara Peletakan Batu Pertama Kegiatan BSRS Tahun 2022, di Kelurahan Tenilo, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Rabu (27/7/2022). 

"Untuk memenuhi kebutuhan hunian yang layak bagi  masyarakat, Pemkot Gorontalo telah mengupayakan berbagai skema kebijakan pembangunan rumah. Baik rumah susun, rumah khusus, serta penyedian BSRS, melalui kegiatan pembangunan baru maupun peningkatan kualitas," ujar Marten. 

Melalui Dinas Perkimtan yang berkolaborasi dengan Baznas Kota Gorontalo, Marten menuturkan, Pemkot Gorontalo dapat memberikan bantuan stimulan pembangunan rumah masyarakat berpenghasilan rendah sebanyak 30 unit. 

"30 unit rumah bantuan tersebut, masing-masing 15 unit untuk Kelurahan Tenilo dan juga Kelurahan Talumolo," jelasnya. 

Dirinya pun menjelaskan, tahun ini Program BSRS memiliki skenario pembiayaan yang berbeda. Di mana pemerintah hanya menyiapkan sebagian dari anggaran melalui DAK. Sehingga daerah wajib berkolaborasi dalam pembiayaan. 

"Jadi setiap rumah itu minimal anggarannya 40 juta, hanya lima juta yang disediakan pemilik. 35 juta dari kami Pemkot Gorontalo. Kalau misalnya si pemilik mau lebih besar dan bagus, maka bisa menambah 10 juta atau lebih,"

BSRS ini ditujukan agar masyarakat bisa mendapatkan RLH agar masyarakat bisa memanfaatkan tempat tinggalnya dengan nyaman sebaik mungkin. 

Acara Peletakan Batu Pertama Kegiatan BSRS Tahun 2022 itu, juga sekaligus dirangkaikan dengan pemberian bantuan sosial untuk masyarakat kurang mampu. 

"Hari ini juga, kami menyerahkan sebanyak 200 paket bantuan logistik yang disalurkan oleh Baznas Kota Gorontalo kepada masyarakat yang kurang mampu di Kelurahan Molosipat, Tenilo, Buliide dan sekitarnya, serta juga Kelurahan Talumolo sebagai bentuk kepedulian Baznas bagi masyarakat yang kurang mampu," tandasnya.