Pemkab Gorut Gelar Perayaan 10 Muharram 1443 Hijriyah

Pemkab Gorut Gelar Perayaan 10 Muharram 1443 Hijriyah

GORUT (GS) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Pemkab Gorut) memperingati 10 Muharram atau hari asyura, yang dilaksanakan di Masjid Agung Baiturrahim, Desa Moluo, Kecamatan Kwandang, Kamis (19/08/2021).

Bupati Indra Yasin saat menghadiri acara tersebut mengatakan, peringatan 10 muharam yang dirayakan setiap tahunnya ini, masih merupakan bagian dari rangkaian memperingati dan memuliakan bulan muharam, sebagai salah satu di antara Bulan yang dimuliakan, yang di dalamnya banyak peristiwa besar yang terjadi dan tercatat dalam sejarah.

“Di antaranya, ada 10 peristiwa kemenangan para nabi dan rasul, dalam menghadapi ujian dari Allah SWT. Serta kemenangan dalam berjuang melawan tantangan kaum yang zalim yang selalu kita peringati dalam bentuk doa hari asyura,” ungkap Indra Yasin.

Ia mengatakan, momentum 10 Muharram ini salah satunya adalah kemampuan melakukan perpindahan, perubahan, dan adaptasi dalam merespon situasi dan kondisi. 

"Perpindahan bisa bermakna fisik, tapi juga bisa bermakna sikap. Misalnya, pindah dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu sikap ke sikap yang lain.
Dan pandemi Covid - 19 saat ini, memaksa kita melakukan penyesuaian dan perubahan menuju kenormalan baru. Salah satu spirit hijrah dalam konteks pandemi adalah terapkan protokol kesehatan (prokes)," tuturnya. 

Di tengah pandemi, kata Indra, solidaritas dan gotong royong adalah kunci yang paling utama. Sehingga, pemerintah sejak satu setengah tahun terakhir terus berupaya mengatasi kondisi tersebut. 

"Tentu pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, perlu kerja sama dari semua pihak. Tentu di momentum 10 Muharram ini, tujuan pokok adalah memetik nilai - nilai rohaniah dari kejadian - kejadian yang terjadi pada masa-masa silam, sekaligus menjadikan hari ini sebagai hari peningkatan amal ibadah," tambahnya.

"Semoga dengan kegiatan ini, Allah SWT akan mengangkat segala macam mara bahaya dan bencana di negara kita, khususnya Kabupaten Gorontalo Utara, amiin," tandasnya.(***)