Pemda Seriusi Atasi Penanggulangan Banjir di Beberapa Wilayah 

Pemda Seriusi Atasi Penanggulangan Banjir di Beberapa Wilayah 

GORUT - GOSULUT.ID

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) terus menyeriusi dalam mengatasi penanggulangan banjir di beberapa wilayah yang ada.

Dari 11 kecamatan yang ada, yang menjadi prioritas dalam pembahasan dengan pihak terkait, termasuk lembaga DPRD adalah Kecamatan Anggrek. Mengingat wilayah tersebut memiliki potensi yang cukup tinggi.

"Yang kita bahas hari ini adalah soal penanggulangan banjir di Gorut, tetapi kita lebih prioritaskan kepada yang sudah sangat mendesak, yaitu potensi banjir yang ada di Anggrek," ungkap Wakil Bupati Gorut, Thariq Modanggu, usai rapat koordinasi penanggulangan banjir bersama beberapa pihak terkait di Aula Tinepo, Kamis (24/11/2021).

Dalam pertemuan itu juga ada beberapa poin yang kemudian dihasilkan dan menjadi bahan tindak lanjut kedepan.

"Jadi ini dalam rangka percepatan penanganan banjir di wilayah Anggrek untuk pihak DLH untuk segera menyurati Gubernur, untuk pinjam pakai kawasan hutan Mangrove yang memang berada di muara sungai. Karena itu, kami minta ada petugas khusus yang mengawal itu, agar bisa terjadi percepatan," tegasnya.

Iapun meminta kepada pihak BPBD untuk melakuka kajian - kajian dan pemetaan wilayah rawan banjir, yang dilengkapi dengan dokumen penunjang lainnya 

"Sehingga pihak BPBD diharapkan untuk mereview dokumen banjir di seluruh wilayah di Gorut, agar itu menjadi rujukan suratnya. Karena dokumen yang ada saat ini sudah tidak kondusif lagi dalam rangka penanggulangan banjir di Gorut," tandasnya.(***)