Pemda Gorut Siapkan Langkah Strategis Atasi Penyakit TB Paru

Pemda Gorut Siapkan Langkah Strategis Atasi Penyakit TB Paru

GORUT (GS) - Tuberkulosis (TB) merupakan masalah kesehatan masyarakat yang masih menjadi tantangan besar bagi pemerintah baik dari tingkat pusat hingga daerah dalam mengatasinya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin, usai membuka Seminar Pendahaluan tentang kajian lingkungan tempat tinggal & perilaku penderita Tuberkulosis Paru pada masyarakat pesisir Kabupaten Gorut, yang diselenggarakan Fakultas Kesehatan dan Olahraga UNG kerja sama dengan Pemkab Gorut, bertemapt di Manna Bakery and Cafe, Kota Gorontalo, Senin (07/06/2021).

"Penyakit ini salah satu masuk 10 besar penyakit mematikan. Apalagi penyakit TB ini pengobatannya bertahun - tahun, sehingga membutuhkan perhatian khusus kita semua," ungkap  Indra Yasin.

Indra menjelaskan, pemderita penyakit TB Paru di Gorut kurang lebih 100 orang. Sehingga ini masih membutuhkan perhatian serta penanganan serius oleh pemerintah daerah melalui dinas terkait.

"Karena Gorut itu daerah kedua di Provinsi Gorontalo, setelah Kabupaten Bone Bolango yang populasi penyakit TB (Tuberkulosis) terbilang cukup tinggi. Sehingga ini menjadi salah satu perhatian kita. Perlu ada penanganan yang serius juga," ujarnya.

Ia mengatakan, melalui seminar ini, maka ia memastikan ada langkah strategis pemerintah daerah dalam mengatasi masalah penyakit Tuberkosis di daerah ini.

"Harus kita komitmen bersama ingin membebaskan Gorut dari penyakit mematikan ini. Nah, kami ingin tuntaskan ini. Pengobatannya tentu harus rutin serta langkah apa yang harus dilakukukan. Kami berharap dari seminar ini ada rekomendasi dari peneliti kepada pemda, sehingga pemda sendiri bisa melakukan intervensi agar penyakit ini kita bisa cegah di daerah ini," harapnya. (***)