Pemda Gorut Bahas Persiapan Pilkades Serentak

Pemda Gorut Bahas Persiapan Pilkades Serentak

GORUT (GS) – Pemerintah Daerah (Pemda) Gorontalo Utara (Gorut) menggelar pembahasan kesiapan terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tingkat Kabupaten Gorut tahun 2021.

Pertemuan itu dipimpin langsung Pelaksana Harian (PLH) Sekda Gorut Suleman Lakoro, bersama instansi terkait, bertempat di Aula PMD Gorut,  Selasa, (03/08/2021).

"Jadi tujuan dari pertemuan ini untuk meminimalisir persoalan - persoalan menjelang pilkades serentak. Kita belajar pada Pilkades tahun-tahun kemarin. Dan dalam pertemuan ini juga kita saling tukar pendapat agar pemilihan Pilkades 2021 tidak akan timbul persoalan,” ungkap Suleman.

Ia mengatakan, ada beberapa masukan yang terungkap pada pertemuan itu, bakal diakomodir, dan disesuaikan melalui beberapa peraturan yang ada.

“Khusus untuk Perda dan Pergub, hari ini akan ditandatangani oleh Bupati. Namun, hal-hal yang sifatnya teknis yang belum tertuang di dalam kedua peraturan tersebut, itu akan di tuangkan di dalam juknis pilkdaes nanti,” jelasnya

Meskipun kata Suleman, pelaksanaan pilkades tahun 2021 ini ditengah pandemi Covid-19, tetap dilaksanakan  dengan mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

“Sepeti yang tertuang dalam peraturan menteri untuk setiap daerah, agar supaya 8% Dana Desa (DD) itu di alokasikan terhadap prokes pada pelaksanaa pilkades nanti,” tutup Suleman.(***)