Pembangunan Rusun Penghargaan Kota Manado Jadi Harapan Warga Karame dan Ketang Baru

Pembangunan Rusun Penghargaan Kota Manado Jadi Harapan Warga Karame dan Ketang Baru

(FOTO: ISTIMEWA)

GOSULUT.ID – Wali Kota Manado Andrei Angouw didampingi Wakil Wali Kota Richard Sualang serta disaksikan Kepala BP2P Recki Lahope melakukan peletakan batu pertama program pembangunan Rumah Susun (Rusun) penghargaan Kota Manado, Jum'at (16/12/2022).

Proyek pelaksanaan pembangunan Rusun tersebut berlokasi di Kelurahan Karame,  Kecamatan Singkil mulai dikerjakan oleh PT. Deficy Sigar Pratama dan Konsultan MK PT. Buana Rekaya Adhigana serta CO CV. Fatek Engineering Consultant dengan nilai kontrak Rp 31.137.266.000 miliar dari sumber dana APBN tahun anggaran 2022-2023 dengan waktu pelaksanaan 300 hari kalender.

Pembangunan Rusun tersebut merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi warga Kelurahan Karame dan Ketang Baru, Kecamatan Singkil.

Hal itu seperti diungkapkan oleh Kepala Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi I Recky Wolter Lahope menyampaikan, bahwa pembangunan Rusun sudah dimulai. 

"Untuk pembiayaannya dilaksanakan dengan multiyers dan kontraknya dari 2022 serta direncanakan selesai Oktober 2023 atau waktu pelaksanannya 300 hari kalender," ungkap Kepala BP2P Sulawesi I.

Lebih lanjut, Recky Lahope menjelaskan, pekerjaan pembangunan tersebut bisa cepat selesai, karena menggunakan metode brickcase yaitu sistem modular artinya pasang knop, kolomnya, balok, platnya sendiri dan setelah dicetak langsung dipasang mengunakan train.

"Rusun memiliki 1 tower dan akan berdiri 4 lantai. 60 unit tipe 36, tiap unitnya ada 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu, dapur serta tempat cuci," jelasnya.

Terakhir, Kepala BP2P itu berharap, semoga pembangunan Rusun Penghargaan Kota Manado bisa cepat selesai waktu dan mutu yang telah ditetapkan.

"Sehingga dapat dimanfaatkan sebaik - baiknya oleh masyarakat kata recky lahope," harapnya.

Sementara itu, seorang warga Kelurahan Karame yang juga pengurus LSM KINPROJAMIN Yance Harun sangat berterima kasih kepada Pemkot Manado dalam hal ini Wali Kota Andrei Angouw bersama Wakil Wali Kota Richard Sualang yang telah menempatkan pembangunan Rusun di Kelurahan Karame, Kecamatan Singkil.

"Begitu juga dengan Kepala BP2P Sulawesi I bapak Recky Wolter Lahope yang selalu ada kerja sama yang baik dengan LSM maupun wartawan. Untuk itu, kami dari LSM KINPROJAMIN dan juga warga Karame berharap pembangunan Rusun tersebut berjalan dengan tepat waktu," tandasnya. (YH)