Pelaksanaan "Maulid Nabi" Tetap Mengacu Pada Prokes

Pelaksanaan "Maulid Nabi" Tetap Mengacu Pada Prokes

GORUT - GOSULUT.ID

Dalam rangka pelaksanaan Doa Maulid Nabi Muhammad SAW agar diwajibkan bagi masyarakat yang akan mengikutinya tetap menaati penerapan protokol kesehatan (prokes).

Hal itu disampaikan Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Gorut Suleman Lakoro, saat memimpin rapat persiapan Maulid Nabi Muhammad SAW bertempat di Aula Gerbang Emas, Selasa (05/10/2021).

"Jadi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sekarang ini masih dalam keadaan pandemi, maka bagi masyarakat yang akan mengikuti acara tersebut wajib mengikuti Prokes yang ketat dan setiap masjid akan dibatasi 50%," ungkap Suleman Lakoro.

Suleman menjelaskan, perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW sebenarnya sama seperti tahun sebelumnya, hanya saja saat ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid - 19.

"Karena kebetulan tahun ini kita masih Pandemi Covid -19, maka Pemerintah tegas dalam menangani hal ini agar dapat mencegah penularan dan memutuskan mata rantai Covid - 19, terutama kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan," jelasnya.

Ia pun menambahkan, bahwa peringatan Maulid ada dua yaitu peringatan secara Nasional dan Tradisional.

"Jadi peringatan secara Nasional itu dilakukan setelah ba'da maghrib di Masjid Agung Gorut dan lalu itu Haul, kemudian setelah ba'da isya kita mendengarkan ceramah agama/hikmah hikmah Maulid dan setelah itu ada dzikir, dzikir itu dilakukan tanpa pengeras suara dan itu berlaku disemua Masjid di Gorut," tutupnya.(MA)