Pansus III Datangi OJK, Klarifikasi Kondisi BSG sebagai RKUD 

Pansus III Datangi OJK, Klarifikasi Kondisi BSG sebagai RKUD 

GOSULUT.ID - Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Provinsi Gorontalo yang membahas tentang pengelolaan keuangan daerah melakukan kunjungan kerja ke Kantor OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang membawahi Sulawesi Utara Gorontalo dan Maluku Utara, Kamis (28/7/2022).

Kegiatan ini dalam rangka terkait pasal 118 yang menegaskan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) harus berada pada Bank Umum yang sehat.

"OJK sebagai lembaga independen yang berperan mengawasi industri keuangan terutama perbankan. Jadi kami ingin mengklarifikasi dan mendapatkan gambaran atau performance kinerja BSG saat ini," ungkap Ketua Pansus III, Sun Biki.

Dikatakan, berdasarkan penjelasan dari Ketua OJK Winter Marbun bahwa kondisi dan posisi BSG saat ini berada pada grade 3 yang artinya sehat tapi masih ada beberapa yang perlu dibenahi.

"Terutama tata kelola perbankan dan dari segi SDM, dan juga dari segi pelayanan serta kecukupan modal yang saat ini masih baru 1,6 triliun, sedang pada tahun 2024 sudah harus 3 triliun. Jadi perlu upaya bersama untuk mendorong agar 2 sampai 3 tahun kedepan bisa mencapai angka itu," jelasnya.

Dari segi SDM lanjut legislator partai Golkar ini, di harapkan akan semakin baik sehingga pelayanan yang diberikan bisa maksimal, selain itu juga selain menjadikan bank itu sehat BSG harus aman agar kejadian skiming yang baru-baru ini terjadi tidak akan terulang lagi.

"Dari keterangan ketua OJK, skiming ini terjadi karena kurang kehati-hatian dari SDM yang ada," kata sun biki.

Hal penting yang disampaikan dan menjadi harapan OJK adalah masih rendahnya literasi dari masyarakat di provinsi Gorontalo sehingga masih saja terjerumus dan tertipu dengan investasi bodong.

"Kami juga berharap kepada BSG agar gerai-gerai ATM agar dapat ditambah khususnya di lokasi yang sulit dijangkau masyarakat untuk ke bank, termasuk di DPRD Provinsi Gorontalo," tandasnya.***