Pansus 3 Deprov Kunker ke Kantor Pusat Baznas

Pansus 3 Deprov Kunker ke Kantor Pusat Baznas

GOSULUT.ID - Pansus 3 Pengelolaan Zakat DPRD Provinsi Gorontalo diminta nantinya bila Peraturan Daerah (Perda) terbentuk agar mengoptimalkan pengelolaan potensi zakat dan pemanfaatannya.

Hal ini diungkapkan Ketua Pansus Wasito Sumawiyono saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pusat BAZNAS di Jakarta, Rabu (09/06/2021).

Dikatakan, dari hasil konsultasi yang dilakukan, daerah diberikan arahan untuk bisa berkreasi dan mendayagunakan nilai-nilai atau kearifan agar pengelolaan zakat bisa optimal.

"Oleh baznas pusat kita diberikan masukan serta arahan untuk bisa memodifikasi dan berkreasi terhadap perda yang nantinya akan dibentuk," ungkapnya.

Selain itu lanjutnya, pengelolaan zakat perlu kepekaan atau kepedulian dari pemerintah daerah sehingga memberi penguatan terhadap perda.

"Salah satunya sebagaimana amanat Undang-undang, Pemerintah perlu mengalokasikan anggaran untuk pengurus Bazda didaerah sekaligus memberikan rekomendasi terhadap kepengurusan Bazda daerah untuk ditetapkan oleh baznas pusat," urai Wasito.

Lebih lanjut dikatakan, operasional Baznas daerah dalam melakukan kegiatan juga ditopang dari dana hibah APBD dan seperdelapan bersumber dari pengelolaan zakat.

"Agar Perda Zakat tidak tumpang tindih dengan aturan pada Baznas pusat, pansus juga akan melakukan konsultasi ke Kementrian Dalam Negeri untuk dilakukan evaluasi," pungkasnya