Pangdam XIII/Merdeka Terima Tim Audit Itjenad

Pangdam XIII/Merdeka Terima Tim Audit Itjenad

GOSULUT.ID - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang, M.M., M.Tr (Han) menerima Tim Audit dari Inspektorat Jenderal TNI AD (Itjenad) yang akan melakukan serangkaian audit di jajaran Kodam XIII/Mdk.

Tim yang akan melakukan audit sejak 27 Mei hingga 7 Juni 2021 dipimpin langsung Inspektur Jenderal TNI AD (Irjenad) Letjen TNI Benny Susianto, S.I.P.

Pangdam dalam sambutannya mengatakan bahwa fungsi kontrol terhadap anggaran TNI AD merupakan salah satu program kerja TNI AD untuk meningkatkan integritas satuan kerja TNI AD termasuk Kodam XIII/Merdeka. Untuk itu Pangdam berharap melalui kegiatan Pos Audit di jajaran Kodam XIII/ Merdeka dapat meningkatkan mutu dan kualitas Kodam XIII/Merdeka dalam pengelolaan anggaran dan kegiatan latihan. 

"Post Audit adalah salah satu program kerja TNI AD untuk melaksanakan fungsi kontrol terhadap anggaran yang dipercayakan oleh negara untuk menunjang tugas Pokok TNI AD." Ucap Pangdam

Selanjutnya pada saat kegiatan taklimat akhir Pangdam sampaikan bahwa saat ini tim pengawas telah melihat secara langsung  kondisi nyata satuan dan telah melakukan beberapa kegiatan audit untuk menemukan beberapa masalah pembendaharaan yang tidak sesuai petunjuk penggunaan anggaran. Oleh sebab itu Pangdam berharap agar seluruh satuan dapat menindaklanjuti seluruh temuan tim pengawas demi meningkatkan kualitas kinerja Kodam XIII/Merdeka.

"Guna meningkatkan kualitas kinerja, seluruh temuan oleh Tim yang telah direkomendasikan, baik lisan maupun tertulis harus ditindaklanjuti oleh satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka." Tutur Pangdam

Sedangkan menurut Irjenad dalam amanatnya mengatakan bahwa Pos Audit bukan ajang untuk mencari kesalahan satuan melainkan Pos Audit ini merupakan kegiatan yang dapat memberikan jalan keluar terhadap permasalahan pembendaharaan di satuan jajaran TNI AD serta dengan adanya kegiatan Pos Audit yang rutin dilaksanakan dapat memberikan pemahaman kepada satuan agar tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari. 

"Kegiatan Pos Audit ini bukan hanya sekedar untuk menemukan permasalahan saja, tetapi juga harus dapat memberikan solusi dan pemecahan terbaik agar tidak terulang di kemudian hari." Ujar Letjen TNI Benny

Kegiatan Pos Audit tersebut diselenggarakan di seluruh satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka, mencakup satuan-satuan yang berada di 3 Provinsi yaitu Sulawesi Utara, Tengah dan Provinsi Gorontalo serta kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat utama Kodam XIII/Merdeka diantaranya Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wirana P. Budi, S.E., Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Junior Tumilaar, Danrem 131/Stg Brigjen TNI Prince M. Putong, para Asisten Kodam XIII/Merdeka dan para Kabalak Kodam XIII/Merdeka.